Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuangan Publik: Pendekatan Instrumen Kebijakan dalam Perspektif Islam

gambar
Rp.60.000,- Rp.30.000 Diskon
Judul: Keuangan Publik: Pendekatan Instrumen Kebijakan dalam Perspektif Islam
Penulis: Nurul Huda, dkk.
Penerbit: Quanta, 2015
Tebal: 224 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok Lama)

Islam hadir sebagai sumber kekuatan baru pada Abad ke-7 Masehi, menyusul runtuhnya kekaisaran Romawi. Hal ini ditandai dengan berkembangnya peradaban baru yang sangat mengagumkan. Kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta kehidupan sosial lainnya termasuk ekonomi berkembang secara menakjubkan. Fakta sejarah ini menunjukkan bahwa Islam merupakan sistem kehidupan yang bersifat komprehensif, yang mengatur semua aspek, baik dalam sosial, ekonomi, dan politik maupun kehidupan yang bersifat spiritual.

Buku dikemas dengan pendekatan klasik dan modern, disertai dengan isu-isu yang hingga saat ini masih sering diperdebatkan. Pembahasan dibagi menjadi lima bagian;
• Bagian Pertama mengungkap peran Negara dengan fokus utama bagaimana Rasulullah membentuk sebuah negara Madani.
• Bagian Kedua mengungkapkan esensi pembangunan dengan berbagai unsur yang ada dalam pembangunan ekonomi suatu Negara.
• Bagian Ketiga mmembahas salah satu instrumen dominan dalam pembangunan ekonomi suatu negara, yaitu esensi pajak yang merupakan instrumen fiskal dan dilengkapi pula dengan esensi pengintegrasian zakat dan pajak.
• Bagian Keempat mengungkap tentang instrumen utang yang menjadi sumber malapetaka perekonimian negara Amerika dan kawasan Eropa, serta pandangan ekonnomi Islam terkait masalah hutang.
• Bagian Kelima mengungkap sisi internasional keuangan publik dengan pendekatan yang dikembangkan oleh M. Nejatullah Siddiqi.

Kelebihan buku ini adalah pada pembahasan yang dilakukan dengan membandingkan model konvensional dan model Islam, serta mengkombinasikan keduanya terkait instrumen kebijakan suatu Negara khususnya kebijakan Keuangan Publik. Selain itu pembaca juga diingatkan kembali pada sejarah proses pendirian Negara Madina yang berhasil pada bidang ekonomi.

Buku ini dapat dijadikan referensi utama untuk kajian keuangan publik Islam, dan bahan untuk kajian makaro ekonomi dan ekonomi internasional, khususnya terkait kajian Islam. Penulis berharap buku ini bisa bermanfaat bagi para pembaca baik akademisi, praktisi, dan masyarakat umum penggiat ekonomi dan Keuangan Islam.
Pesan Sekarang