Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wesel Pos (Ratih Kumala)

gambar
Rp.58.000,- Rp.40.000 Diskon
Judul: Wesel Pos
Penulis: Ratih Kumala
Penerbit: Gramedia, 2021
Tebal: 120 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Segel)

Berani menentukan sudut pandang dan konsisten adalah keberhasilan pertama di novel ini. Lalu setelah membaca halaman demi halaman, keberhasilan lain bermunculan. Ratih benar-benar berhasil menjadikan properti tidak hanya sebagai pelengkap, namun mampu menjadi karakter, bahkan sudut pandang. Pelan-pelan Ratih mengingatkan kita terhadap hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian. Jelas sekali Ratih suka memperhatikan manusia, dan itu modal terbesar keberhasilan novel ini - Ifa Isfansyah, sutradara.

Jakarta tidak akan pernah berhenti ditulis dan diceritakan. Dalam Wesel Pos, karya terbaru Ratih Kumala, Jakarta diceritakan oleh selembar wesel pos, metode pembayaran yang rasa-rasanya sudah ditinggalkan sebagian besar masyarakat moderen hari ini. Sang wesel pos mewakili kita - orang Indonesia kebanyakan - untuk mengintip, meski serba sekilas, kehidupan orang-orang yang harus bersiasat di tengah kerasnya Jakarta. Pilihan benda pos sebagai penutur, penggambaran yang detail dan terasa dekat serta penceritaan yang lancar adalah keistimewaan novel ini - Lily Yulianti Farid, penulis.

Terima kasih, wesel pos. Engkau telah menyajikan sebuah kisah yang menyentuh. Engkau telah memberikan peringatan kepada orang-orang yang bersikeras mau mencari peruntungan hidup di Jakarta - Joko Pinurbo, penyair.
Pesan Sekarang