Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

La Rangku dan Cerita-Cerita Lainnya

gambar
Rp.60.000,- Rp.30.000,- Diskon
Judul: La Rangku dan Cerita-Cerita Lainnya
Penulis: Niduparas Erlang
Penerbit: Gramedia, 2017
Tebal: 212 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok lama)

Bapak bercerita tentang layang-layang pertama, tentang Kaghati dari Muna. Tentang seorang raja bernama La Pasindaedaeno yang mengorbankan anaknya, La Rangku, yang kemudian di makamnya tumbuh gadung. Tentang layang-layang dari daun gadung dengan benang dari serat daun nanas, Kaghati, yang diterbangkan selama tujuh hari tujuh malam lalu benangnya diputus pada malam terakhir. Tentang kepercayaan suku Muna pada Kaghati yang akan terbang mencapai matahari dan memberkati mereka.

Dan Wadi kembali memiliki mimpi menjadi La Rangku, menjadi layang-layang dan terbang menuju matahari. Tetapi Wadi tak ingin terbang ke matahari, melainkan ia ingin terbang ke surga, ke tempat ibunya berada. Ia ingin terbang bersama Bapak, menemui Ibu, memenuhi undangannya. Hidup berbahagia dalam rumah megah yang di bawahnya mengalir sungai madu, sungai susu, sungai air mineral. Bukankah matahari dan surga sama-sama lebih tinggi dari awan-awan, dari bintang-gemintang? batinnya. Maka Wadi pun meminta dibuatkan layang-layang.

La Rangku: Yang Terlahir dari Keriangan dan Kehilangan merupakan kumpulan cerpen yang sebelumnya terbit dalam buku La Rangku dan Penanggung Tiga Butir Lada Hitam di Dalam Pusar. Kumpulan cerpen La Rangku pernah diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jawa Timur pada 2011, setelah sebelumnya memenangi Sayembara Manuskrip Cerpen Festival Seni Surabaya. Pada 2016, kumpulan cerpen ini diterjemahkan ke bahasa Inggris dan bahasa Jerman oleh Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sementara kumpulan cerpen Penanggung Tiga Butir Lada Hitam di Dalam Pusar memenangi Sayembara Manuskrip Cerpen Siwa Nataraja Award pada 2015 dan pernah diterbitkan secara indie.
Pesan Sekarang