Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Humanisme dan Skolastisisme: Sebuah Debat

Judul: Humanisme dan Skolastisisme: Sebuah Debat
Penulis: Thomas Hidya Tjaya
Penerbit: Kanisius, 2004
Tebal: 113 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Mengetahui itu tidak sama dengan mencintai; memahami juga berlainan dengan menghendaki. Demikianlah keyakinan kaum humanis dalam zaman Renaissance. Mereka sadar bahwa karya-karya pengarang klasik seperti Cicero dan Seneca yang begitu mereka cintai memiliki pengaruh afektif jauh lebih besar daripada karya-karya filsuf besar seperti Aristoteles yang melandasi paham skolastisisme.

Debat antara skolastisisme dan humanisme Renaissance dalam abad keenam belas yang dibahas dalam buku ini adalah sebuah fase dalam debat lama antara filsafat dan retorika. Debat ini pada hakikatnya adalah sebuah konflik antara dua bentuk pengungkapan atau metode studi dan pengajaran yang berbeda: yang satu mengarah pada akal budi, yang lain berbicara pada hati yang satu pada dasarnya bersifat kognitif, yang lain afektif; yang satu mengejar kebenaran, yang lain ingin hidup baik dengan moralitas tinggi. Selama berabad-abad kedua disiplin ini menjadi dua pusat alternatif bagi pengorganisasian program-program pendidikan secara luas atau paideia. Perselisihan antara kedua kultur dan tradisi ini tidak dapat dihindari, ketika mereka melihat dan menjadi yakin, sekali lagi, mengenai pentingnya dan bahkan unggulnya metode dan tujuan pendidikan mereka atas metode dan tujuan pendidikan lawan.

Debat antara skolastisisme dan humanisme pada akhirnya menyangkut sejumlah pertanyaan filosofis yang lebih dalam mengenai hakikat manusia dan tujuan pendidikan.

Berlangganan via Email