Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Sosiologi Islam (Ali Syariati)

Judul: Sosiologi Islam
Penulis: Ali Syariati
Penerbit: Rausyan Fikr, 2013
Tebal: 208 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Sosiologi Islam merupakan dilema terbesar sosiologi dan sejarah: pencarian faktor dasar dalam perubahan dan perkembangan masyarakat. Apa faktor dasar yang menyebabkan suatu masyarakat tiba-tiba berubah dan berkembang atau tiba-tiba hancur dan merosot? Faktor apa yang adakalanya menyebabkan suatu masyarakat mengalami lompatan positif; mengubah secara total karakter, semangat, tujuan, dan bentuknya di satu atau dua abad; dan benar-benar mengubah hubungan-hubungan individu dan sosial yang berlaku di dalamnya?

Upaya-upaya untuk menemukan jawaban terhadap pertanyaan ini telah berlangsung lama, apa yang menjadi penggerak sejarah, faktor dasar dalam perkembangan dan perubahan masyarakat manusia? Berbagai mazhab sosiologi memutuskan hubungan pada titik ini yang masing-masing memberikan perhatian kepada suatu faktor khusus. Mazhab-mazhab tertentu tidak percaya sama sekali pada sejarah, tetapi menganggapnya sebagai tidak lebih dari himpunan narasi yang tidak berharga dari masa lalu.

Di satu sisi, manusia sebagai individu ekuivalen dengan kehendak, sedangkan di sisi lain masyarakat ekuivalen dengan norma. Dalam penggunaan Alqur'an, norma (sunnah) merupakan sesuatu yang tidak mengalami perubahan dan manusia secara langsung bertanggung jawab bagi kehidupan individu dan sosial. Kombinasi dari keduanya ini merepresentasikan "posisi pertengahan". Manusia bebas dalam perbuatan-perbuatan, yakni perbuatan itu tidak ditentukan. Namun, untuk merealisasikan kebebasannya, ia wajib untuk mengikuti hukum-hukum alam yang sudah ada.

Buku ini tidak dimaksudkan untuk menawarkan pola sempurna tentang sosiologi Islam dan Syariati sendiri tidak menyatakan telah mengembangkan sebuah pola sempurna. Namun, dengan pikiran orisinal dan beraninya, dia mengemukakan sejumlah konsep yang benar-benar segar berkaitan dengan sosiologi Islam sebagai stimulus bagi pemikiran di kalangan Muslim.

Pembahasan di dalam buku ini: Konsep Manusia dan Pendekatan Memahami Islam, Pandangan Dunia Tauhid, Kajian Antropologi Tuhan - Manusia, Filsafat Sejarah, Dialektika Sosiologi, Konsep Ummah sebagai Sebagai tawaran praktis

 

Berlangganan via Email