Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Laki-laki Pemanggul Goni: Cerpen Pilihan Kompas 2012

Judul: Laki-laki Pemanggul Goni: Cerpen Pilihan Kompas 2012
Penulis: Budi Darma, A. Mustofa Bisri, Agus Noor, Arswendo Atmowiloto, dll.
Penerbit: Kompas, 2013
Tebal: 268 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 60.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312

Antologi Cerpen Pilihan Kompas 2012 tidak lain adalah ‘potret’ tentang keindonesiaan kita; sebuah Indonesia yang heterogen, unik, sekaligus juga problematik. ‘Potret’ ini adalah sekrup kecil dari sebuah mesin raksasa bernama Indonesia. Serpihan-serpihan yang tercecer dari problem bangsa ini yang (mungkin) sudah begitu akut, kompleks, dan multidimensional. Sejumlah 20 cerpen dalam antologi ini separuhnya mempertontonkan akar budaya yang diperlakukan secara beragam.

Cerpen yang terpilih sebagai cerpen terbaik, “Laki-laki Pemanggul Goni” (Budi Darma) dikisahkan begitu dingin, tetapi toh kita tetap merasakan hadirnya atmosfer suasana cerita yang menegangkan dengan segala teka-tekinya. Keberhasilan cerpen ini bukan terletak pada kepiawaian pengarang menyembunyikan identitas tokoh-tokohnya. Dalam cerpen ini, diperlihatkan betapa penting semua unsur intrinsik tampil kompak, berjalin berkelindan membangun cerita. Di antara ke-20 cerpen kali ini, “Laki-laki Pemanggul Goni” tampil sebagai cerpen yang kaya tafsir dan kaya makna.

Cerpen Pilihan Kompas pada akhirnya boleh dianggap sebagai juru bicara cerpen Indonesia kontemporer sekaligus menampilkan dirinya sebagai ‘potret’ Indonesia.

Berlangganan via Email