Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Demokrasi La Roiba Fih

Judul: Demokrasi La Roiba Fih
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Penerbit: Kompas, 2009
Tebal: 282 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


“Demokrasi itu bak perawan, yang merdeka dan memerdekakan. Watak utama demokrasi adalah “mempersilahkan”. Tidak punya konsep sedikitpun untuk menolah, menyingkirkan, atau membuang”

Lebih dari satu dekade Indonesia telah bergumul dengan penyelenggaran Negara yang bertajuk demokrasi. Setidaknya, sebuah kata yang mulai terasa didengungkan paska reformasi 1998 ini seolah mengalami kemajuan yang begitu pesat. Hampir di seluruh pelosok negeri ini terbentuk beberapa forum diskusi, organisasi, ataupun karangan berupa buku yang membahas permasalahan ini. Namun, hingga saat ini, sebuah kata-kata yang diagungkan oleh khalayak ramai ini belum memunculkan outcome berupa kesejahteraan bagi pelakunya.

Disinilah, Muhammad Ainun Nadjib atau karib disapa Cak Nun berusaha menyentil perihal pelaksanaan demokrasi di Indonesia melalui bukunya yang berjudul “Demokrasi La Roiba Fih”. Berbeda dengan penulis buku lainnya, Cak Nun tidak menulis buku ini dengan bahasa ‘penjelasan’ yang kerap ditemui di di buku-buku kebanyakan. Ia hanya memberikan sepenggal peristiwa yang di Indonesia dan memberinya sedikit ‘bumbu’ untuk memantik si pembaca.

Yah, melalui buku ini Cak Nun memang ingin memosisikan dirinya tidak sebagai orang yang lebih tahu dibanding pembacanya. Bisa diibaratkan, Ia hanya ingin menjadi penyedia beras tanpa melakukan desakan agar beras diolah menjadi bubur atau nasi. Oleh karenanya, susunan dan tata letak essay, judul besar yang terpampang pada bagian-bagian buku ini diracik sedemikian rupa agar si pembaca akan terletup untuk belajar lebih banyak lagi tentang demokrasi.

Penulis yakin, sekelumit cerita tentang buku ini tidak akan cukup untuk menggambarkan secara utuh isi dan maksud yang dituangkan Cak Nun di dalamnya.  Untuk keperluan mengasah teknologi internal ataupun eksternal seseorang, tidak ada salahnya untuk menggunakan buku ini sebagai salah satu alat asahnya.

Berlangganan via Email