Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku What I Learned From Hypermarket Business

Judul: What I Learned From Hypermarket Business: Rahasia Sukses Hypermarket yang Bisa Diterapkan untuk Bisnis Ritel Anda
Penulis: Christian F. Guswai
Penerbit: Elex Media Komputindo, 2009
Tebal: 211 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Stok kosong


Fenomena bisnis Hypermarket selalu menjadi buah bibir di negara manapun tidak terkecuali di Indonesia. Kehadirannya selalu menjadi pro dan kontra karena mengubah cara bisnis ritel dijalankan. Di balik dari adanya pro dan kontra sesungguhnya ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari cara-cara pelaku bisnis hypermarket menjalankan bisnisnya yang bisa juga diaplikasikan ke dalam format bisnis ritel lainnya.

Dalam buku ke-2nya yang berjudul What I Learned from Hypermarket Business, Christian F. GUSWAI mengungkap rahasia di balik sukses format bisnis yang bisa menjadi pelajaran bagi peritel lain baik yang sejenis mau pun yang tidak sejenis. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman panjang dari penulis dalam dunia ritel serta interaksinya dengan konsep bisnis ini baik di luar maupun di dalam negeri. Buku yang terdiri dari 10 Bab ini mengupas hampir semua aspek dari bisnis ritel Hypermarket: Hypermarket Trend – Simple Business Concept – Pricing Assortment Service – Merchandise – Operation – Assets – Finance – Competition – Business Ethics. Berikut sekilas pemaparannya.

Hypermarket yang memimpin Indonesia dimotori hypermarket multinasional. Hal ini terjadi karena kecepatannya dalam memasuki pasar dan memanfaatkan peluang saat krisis. Penguasaan lokasi yang strategis masih merupakan faktor dominan keberhasilan hypermarket yang ada. Kebiasaan konsumen Indonesia menyukai hal yang berbau asing turut membantu berkembangnya hypermart tersebut.

Konsep Simple business concept merupakan cirri khas hypermarket, yaitu one stop shopping, free parking, freshness and quality, price. Sedangkan elemen dasarnya yaitu PAS (price-assortment-service). Jika sudah punya PAS yang baik, Anda sudah mengamankan sebagian besar dari pekerjaan Anda.

Aktor penting dalam bisnis ritel adalah Merchandiser. Selain berfungsi sebagai pengadaan, merchandising juga berfungsi sebagai income generator. Dukungan dari divisi finance juga mutlak diperlukan, untuk memainkan peran aktif dalam menghemat biaya-biaya perusahaan sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Beberapa prinsip yang harus dipegang dalam berkompetisi diantaranya: Hanya jika Anda TIDAK memiliki kelebihan lain maka Anda harus berperang dengan mengandalkan harga murah; Ciptakan persepsi yang Anda mau dan pertahankan itu dengan segala cara; Bukan yang BESAR yang akan menang, melainkan yang CEPAT.

The last but not at least is Business Ethics. Memiliki SDM yang berintegritas tinggi adalah modal dasar yang sangat penting. Perusahaan yang berhasil menjaga etika bisnis akan menghasilkan perusahaan yang efisien sehingga menguntungkan semua pihak. Ketegasan Manajemen dalam mengharuskan karyawan menghormasti etika bisnis akan menciptakan lingkungan kerja yang dihormati oleh siapapun.

Berlangganan via Email