Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan

Judul: Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan
Penulis: Harun Nasution
Penerbit: Bulan Bintang
Tebal: 224 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 65.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini membahas tentang pemikiran dan gerakan pembaharuan dalam Islam, yang timbul di Zaman yang lazim disebut Periode Modern dalam sejarah Islam. pembahasannya mencakup atas pembaharuan yang terjadi di tiga negara Islam yaitu, Mesir, Turki  dan India-Pakistan.

Buku Pembaruan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan karya Prof. Dr. Harun Nasution ini, terdiri dari sembilanbelas bab dengan 216 halaman. Sembilanbelas bab ini dibagi ke dalam tiga bahagin kembali, yaitu sebagai berikut.

Bagian I, Mesir.
Bahagian ini, terdiri dari bab I sampai bab VII yang mencakup beberapa pendudukan tokoh-tokoh, Napoleon, Muhammad Ali Pasya, Al-Tahtawi,  Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida serta murid dan pengikut Muhammad Abduh.

Ekspedisi yang dilakukan Napoleon ke Mesir, menghasilkan ide-ide yang pada waktu itu belum mempunyai pengaruh terhadap umat Islam di Mesir. Tetapi, dalam perkembangan kontak dengan barat di abad kesembilan belas ide-ide itu makin jelas dan kemudian diterima dan dipraktekkan. Bagaimanapun, ekspedisi Napoleon telah membuka mata umat Islam Mesir akan kelemahan dan kemunduran mereka.

Muhammad Ali Pasya, merupakan seorang perwira yang ikut melawan tentara Napoleon. Namun, saat itupun dunia Islam sedang dalam keadaan kemundurannya, sedang dunia barat dalam keadaan maju. Muhammad Ali Pasya merupakan salah satu orang yang berpengaruh dalam pembaharuan Islam pada masa itu bersama tokoh lainnya, yaituAl-Tahtawi,  Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida.

Bagian II, Turki.
Pada bahagian II ini, mencakup dari bab VII sampai bab XIII. Tokoh dan golongan yang berpengaruh, yaitu Sultan Mahmud II pembaharuan di Kerajaan Utsmani, Tanjimat atau penyusunan dan peraturan undang-undang baru, Usmani Muda dengan pemikiran-pemikirannya, Turki Muda yang terkenal dengan opposisi terhadap pemerintahan absolut Sultan Abdul Hamid, sampai pada tiga aliran pembaharuan (barat, Islam dan Nasionalis). Dan akhirnya Mustafa Kemal yang Sekularisme, yang tidak menghilangkan agama Islam dari masyarakat Turki, namun menghilangkan kekuasaan agama dari bidang politik dan pemerintahan.

Bagian III, India-Pakistan
Pada bahagian terakhir ini, meliputi bab XIV sampai bab XIX. Bahagian ini, termasuk di dalamnya menjelaskan gerakan dan tokoh yaitu, gerakan Mujahidin, Sayyid Ahmad Khan, Gerakan Aligarh, Sayyid Amir Ali, Muhammad Iqbal, Muhammad Ali Jinnah dan Abdul Kalam Azad serta Nasionalisme India.

Berlangganan via Email