Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah

Judul: Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah
Penulis: Edi Sedyawati
Penerbit: Rajawali Pers, 2007
Tebal: 449 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 70.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini berisi sejumlah hasil pemikiran dan pengkajian atas berbagai permasalahan dalam kerangka Ilmu-ilmu Budaya, yaitu ilmu yang mempelajari hasil-hasil pemikiran manusia. Berbagai pokok kajian dan renungan dikelompokkan ke dalam empat kelompok. Kelompok pertama terpusat pada disiplin Arkeologi, yaitu ilmu yang mengkaji masa lalu dari tinggalan-tinggalan artefaktual. Kelompok kedua adalah Teks dan Sastra yang dipusatkan pada kajian teks, baik inskripsi-inskripsi pendek yang tertulis pada arca atau dinding candi, maupun teks yang berkaitan dengan kesusastraan. Kelompok ketiga adalah Seni Pertunjukan dan bahasan keempat dipusatkan pada masalah kesejarahan dengan berbagai aspeknya.

Mata kuliah yang terkait dengan hasil-hasil kajian dan pemikiran ini antara lain Sejarah Kebudayaan Indonesia, Kesenian dan Masyarakat Indonesia, Pengantar Arkeologi, Pengantar Filologi, Kesusastraan Jawa Kuna Indonesia, Manajemen Sumberdaya Budaya, Ikonografi Buddha, dan Sejarah Kesenian.

Buku ini menyajikan berbagai pokok kajian dan renungan dalam ilmu-ilmu budaya yang meliputi bidang-bidang studi Arkeologi, Filologi, Seni Pertunjukan, dan Sejarah diulas  secara menarik di dalam buku ini.  Sejumlah 45 pokok bahasan dikemukakan dengan menampilkan data baru atau melihat sejumlah data yang sudah tersedia dalam sorotan permasalahan baru, atau dalam keterkaitan baru, dengan melihat relevansinya pada masa kini.  Salah satunya adalah tentang pengembangan Arkeologi Maratim.

Pokok-pokok kajian yang disajikan dalam buku ini boleh dikatakan lahir sebagai akibat dari rangsangan ataupun kebutuhan untuk mendukung perkuliahan di Fakultas Sasttra/Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, khususnya terkait dengan judul-judul mata kuliah seperti Sejarah Kebudayaan Indonesia, Kesenian dan Masyarakat Indonesia, Pengantar Arkeologi, Pengantar Filologi, Kesustraan Jawa Kuno, Kaidah Kesenian Hindu, Seni Pertunjukan Kuno Indonesia, Sejarah Kesenian, Ikanografi Budha, Managemen Sumber Daya Budaya, dan lain-lain.

Harapan yang menyertai penerbitan buku ini adalah diperolehnya sambutan yang ‘ramai’, baik dari sesame penggiat ilmu pengetahuan maupun dari khalayak di luar itu yang tentunya juga senantiasa memerlukan penambahan pengetahuan umumnya, lebih-lebih mengenai kebudayaan bangsanya sendiri.

“Dari tangan seorang professor doctor arkeolog yang juga penari, penyair, pengamat seni, dan mantan Dirjen Kebudayaan, sebuah buku kajian tak menjadi kering dan satu dimensi.  Kita pun menjadi lebih waspada ternyata berbagai disiplin saling bertindih dalam satu titik bila saja ada mata yang jeli membelahnya”.
- Putu Wijaya, seniman teater, sastrawan dan budayawan

“Mungkinkah manusia membebaskan dirinya dari dunia simbol? Gerak, bentuk, bunyi, dan teks tak berhenti pada dirinya, tetapi mengatakan lagi tentang sesuatu yang jauh melebihi dirinya.  Kumpulan tulisan Dr. Edi Sedyawati, guru besar Arkeologi yang penari klasik, dengan manis dan canggih membawa kita memahami dan mendalami dunia yang sesungguhnya mengitari diri kita masing-masing”.
- Taufik Abdullah, sejarawan dan budayawan

Berlangganan via Email