Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Islam Ditelanjangi: Pertanyaan-pertanyaan Subversif Seputar Doktrin dan Tradisi Kaum Muslim

Judul: Islam Ditelanjangi: Pertanyaan-pertanyaan Subversif Seputar Doktrin dan Tradisi Kaum Muslim
Penulis: Robert Spencer
Penerbit: Paramadina, 2002
Tebal: 312 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Jakarta


Buku ini ditulis oleh Robert Spencer, seorang sarjana Amerika, beragama Katolik, yang mengaku sudah belajar Islam selama 20 tahun. Oleh karena itu membicarakan, atau apalagi  mengkritisi buku ini, berarti mengadili dia secara in absentia. Akan tetapi karena buku ini sudah diterjemahkan dan sudah diterbitkan oleh Paramadina, maka saya kira saya boleh mewakili Spencer di sini. Saya akan bersikap dingin. Saya akan mengatakan apa yang dikatakan oleh Spencer, saya akan mengeritik apa yang dikritik oleh Spencer, saya akan menghujat apa yang dihujat oleh Spencer. Pendek kata, saya akan menjadi penyambung lidah dari Robert Spencer.

Buku ini ditulis beberapa saat setelah peristiwa 11 September yang mengguncangkan Amerika. Menghancurkan gedung kebanggaan Amerika Serikat WTC, menghempaskan hampir lima ribu nyawa manusia. Dan membuat publik AS hingga saat ini dicekam oleh ketakutan dan teror. Teror yang mereka takuti itu adalah terror yang dilakukan oleh orang-orang Islam sambil meneriakkan lafaz Allahu Akbar. Serbu! (Amrozi, Ali Imron, dkk ketika divonis mati mengepalkan tangannya, sambil tersenyum dan meneriakan Allahu akbar). Ini juga membuat citra orang Islam yang bengis dan berdarah dingin.

Dengan latar belakang kasus WTC itu, maka hampir semua asumsi yang dibangun di dalam buku ini terkait dengan citra Islam yang agresif, kasar, dan anti-kemanusiaan. Buku ini diawali dengan pertanyaan-pertanyaan seputar Islam dan Pluralisme, Islam dan HAM, Islam dan Perempuan, Islam dan Demokrasi, Islam dan Perdamaian, dan seterusnya, ada sembilan pertanyaan.

Berlangganan via Email