Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Belajar Cerdas (Jalaluddin Rakhmat)

Judul: Belajar Cerdas: Belajar Berbasis Otak
Penulis: Jalaluddin Rakhmat
Tebal: 308 Halaman
Penerbit: MLC, 2005
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok kosong


Kang Jalal (Sapaan akrab Jalaluddin Rakhmat) meneror pembaca lewat buku ini dengan pernyataan menarik terkait otak. Dalam kata pengantarnya Ia menyinggung kita, yang kerap pergi ke dokter ketika tubuh kita sakit, bertandang ke rumah kyai ketika batin kita gersang, dan berkunjung ke rumah guru ketika otak kita bebal. Dokter tahu betul tentang kondisi tubuh kita. Kyai faham betul urusan hati. Namun  tak banyak guru yang mengerti tentang potensi otak selain ungkapan menghardik murid seperti “Dasar otak udang” atau “otak miring”

 Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan penjelasan-penjelasan aplikatif memaksimalkan potensi otak ini, akan menyadarkan kekeliruan kita selama ini dalam memperlakukan otak. Dengan cukup detil Kang Jalal menjelaskan tentang wujud fisik otak berikut pembagian potensinya, serta hal-hal yang merusak dan mengembangkannya.

Salahsatu contoh mengenai hubungan gerakan dengan perkembangan otak. Dalam buku ini banyak dijelaskan bahwa lingkungan yang dinamis turut mengembangkan kemampuan kecerdasan otak kita. Bagaimana misalnya Kang Jalal membantu anak-anak berkebutuhan khusus dengan terapi gerakan tubuh. Konon tubuh yang jarang bergerak menyebabkan otak sulit beranjak (berkembang).

Dengan logika berpikir yang jernih dan didukung dengan data riset dari peneliti otak. Kang Jalal memberikan tips-tips kepada orangtua yang menginginkan anaknya cerdas. Bahwa anak telah menyerap pelajaran semenjak ada dalam kandungan. Apa yang ibunya konsumsi, kondisi psikologis, lingkungan sang ibu saat mengandung, turut mempengaruhi perkembangan otak anak.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana kita sebaiknya memperlakukan anak sebelum dan sesudah kelahiran. Makanan apa saja yang turut menutrisi perkembangan otak bayi sekaligus merusaknya, bentuk permainan cerdas apa saja yang boleh atau tak boleh diberikan kepada anak. Kang Jalal menekankan pentingnya interaksi orangtua dengan anak. Interaksi itulah aktivitas penting dalam mengembangkan potensi anak, karena benda-benda permainan anak tidak akan berfungsi maksimal tanpa cara orangtua dalam memanfaatkannya.

Bagaimana orangtua mesti membiarkan sang anak menghabiskan masa merangkak secara alami. Karena menurut penelitian, anak yang melewatkan masa merangkak begitu saja dan langsung dipaksa berjalan mengakibatkan koordinasi fokus visualnya menjadi lamban sehingga akan kesulitan dalam aktivitas membaca.

Sebagaimana tubuh yang semakin kuat ketika dilatih dan gunakan, begitu pun dengan otak kita. Sebagaimana tukang pikul yang bahunya kian kuat karena sering memikul beban, begitu pun dengan otak butuh dilatih agar kian kuat. Kang jalal menceritakan pengalaman dirinya yang ketika kuliah di Indonesia hanya lulus dengan nilai rata-rata dan ketika kuliah di luar negeri dengan lingkungan, bahasa, dan pergaulan yang kaya, ternyata ia mampu menjadi mahasiswa berprestasi dengan nilai memuaskan.

Buku ini sangat berharga untuk para orangtua yang memimpikan kecerdasan anaknya. Kang Jalal membagi materi pembahasan ke dalam empat bab pembahasan. Pertama, tentang potensi otak yang menakjubkan. Kedua, tentang pengaruh makanan untuk membantu kecerdasan. ketiga, hubungan gerakan yang memicu kecerdasan. Dan terakhir, cerdas dengan pengayaan.

Otak sebagai potensi dan jadi diri kita sudah selayaknya kita maksimalkan. Yakni dengan cara mengenali potensinya, mengetahui pola makanan yang membantu perkembangan sekaligus merusaknya, terus melatih dan mengembangkannya dengan gerak atau aktivitas dan pengayaan seperti yang telah dianjurkan oleh para peneliti otak.

Berlangganan via Email