Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku The Spell of Power: Sejarah Politik Bali 1650-1940

Judul: The Spell of Power: Sejarah Politik Bali 1650-1940
Penulis: Henk Schulte Nordholt
Penerbit: Pustaka Larasan, 2000
Tebal: 488 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312


Karya sejarah dengan alur yang menarik pembaca untuk membaca jauh ke dalam. Timbulnya persepsi kasta dalam masyarakat. Memberikan pola yangtidak baik dalam masyarakat. Ada beberapa orang yang membanggakan kasta. Dan tidak mau menelisik sejarah dari leluhur mereka terdahulu. Sehingga buku ini sangat perlu di baca bagi masyarakat bali.

The spell of power, karya Henk Schulte Nordholt merupakan salah satu karyanya yang hampir keseluruhan bertemakan Bali. Henk merupakan kepala riset di Royal Institute Bidang Kajian Asia Tenggara dan Karibia (KITLV) di Leiden. Banyak bercerita tentang Indonesia di zaman Kolonial Belanda. banyak juga karyanya tentang kajian Antropologis dan kehidupan masyarakat Indonesia.

The Spell Of Power ini merupakan kajian yang mendalam tentang politik Kerajaan Mengwi, yang merupakan kerajaan yang terbesar setelah Gelgel pada tahun 1700. pada tahun raja pertama mengwi bingung akan posisi leluhurnya. Apakah berasal dari majapahit (yang ketika tahun 1292 caka/ 1520) yang kala itu melakukan ekspansi ke Bali.(bab 2, kebangkitan dinasti mengwi, hal 23-25).

Merupakan salah satu Frase yang diceritakan Henk. Mencoba membongkar silsilah dan sejarah Mengwi. Dengan melakukan banyak studi kepustakaan dari lontar, babad bali, maupun surat–surat utusan koloniaal belanda. Serta melakukan wawancara dengan banyak keluarga maupun kerabat Puri Mengwi. Mencoba menganalisis hirarki yang terdapat di dalam puri denganruntut sampai tahun 1930.

Kajian ini merupakan catatan yang ilmiah. Dimana terdapat banyak catatan kaki yang menjelaskan beberapa kejadian yang bersumber dari pustaka maupun hasil wawancara. Sehingga memerlukan waktu yang lama untuk memahami isi dari buku. Namun sangat menarik ketika kita mencoba untuk masuk kedalam ceritanya. Sejarah yang disajikan secara detail dan runtut membawa pembaca untuk berkhayal berada di masa dinasti mengwi. Sehingga tidak hanya merasakan namun juga melihat dan mendengar yang terjadi selama membaca kajian ini.

Tiap babnya menceritakan perubahan yang terjadi pada mengwi. Memberikan penjelasan yang rinci tentang karakter raja maupun bawahan raja. Dengan teknik penulisan deskripsi dan analisis yang dalam. Dam melakukan perbandingan antara dokumen maupun wawancara secara berimbang.

Berlangganan via Email