Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pengantar Sejarah Indonesia Baru (Jilid 2)

Judul: Pengantar Sejarah Indonesia Baru - Jilid 2: Sejarah Pergerakan Nasional Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme
Penulis: Sartono Kartodirdjo
Penerbit: Gramedia, 1993
Tebal: 294 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok kosong


Buku ini terdiri dari 9 bab pembahasan. Bab pertama membahas tentang politik kolonial Belanda abad ke-19. Bab kedua membahas politik kolonial Belanda antara perang dunia I dan perang dunia II. Bab tiga membahas kehidupan kekotaan, bab empat tentang tradisi dan modernisasi. Bab lima membahas perkembangan politik dan pertumbuhan organisasi politik, bab enam tentang suasana baru sesudah 1926. Bab tujuh membahas krisis dunia dan politik, bab delapan membahas stratifikasi sosial pada masyarakat kolonial dan bab sembilan membahas tentang sejarah analitik struktural nasionalisme Indonesia.

Sartono menulis buku pengantar sejarah Indonesia baru menggunakan bebagai sumber yaitu sumber buku asing, majalah asing dan dokumen berupa tabel. Sumber dokumen berupa tabel ini seperti tabel jumlah sekolah, pengajar dan siswa pada sekolah berbahasa Belanda bagi penduduk pribumi Hindia Belanda tahun 1935. Tujuan penulis yaitu mengemukakan garis besar masalah-masalah sejarah dari pergerakan nasional di Indonesia. Penulis juga tidak menggunakan metode kronologis karena lingkupnya terbatas.

Sudut pandang penulis lebih condong ke orang-orang pribumi. Penulis mengatakan bahwa rakyat Indonesia lebih diperlakukan sebagai objek oleh Belanda dari pada sebagai partisipan yang ikut aktif memegang pemerintahan. Diskriminasi ras terdapat hampir pada setiap bagian kehidupan sosial, golongan pribumi ada pada lapisan bawah sedangkan orang Eropa ada pada lapisan atas.

Berlangganan via Email