Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Profil Etnik Jakarta

Judul: Profil Etnik Jakarta
Penulis: Lance Castles
Penerbit: Masup, 2008
Tebal: 108 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Sleman


Buku ini bikin berang banyak orang Betawi di Jakarta. Sebagian orang merasa Lance Castles, peneliti asal Australia, menghina orang Betawi karena penelitiannya secara tak langsung menyebut suku ini keturunan budak.

Lance sendiri sama sekali tak menduga penelitiannya bisa menggusarkan orang Betawi. Dalam penelitian yang menggunakan pendekatan demografi itu Lance berusaha memahami permasalahan sosial di Jakarta dengan berkaca pada latar belakang etnis yang membentuk masyarakat Jakarta.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan Universitas Cornell pada 1967 itu Lance memaparkan bahwa setelah membersihkan Jakarta dari penduduk aslinya, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jan Pieterszoon Coen mendatangkan budak dan pasukan dari berbagai latar belakang etnis ke kota Batavia. Lance lantas menyimpulkan awal abad ke-19 etnis itu melebur menjadi satu suku baru yakni orang Betawi.

“Masalahnya banyak orang Betawi marah padahal belum pernah baca lengkap penelitian itu,” kata Pemimpin Masup Jakarta, J.J. Rizal. Karena itu Rizal memutuskan menerbitkan penelitian Lance dalam bahasa Indonesia sehingga ketahuanlah perbedaan pengertian soal orang Betawi.

Berbeda dengan Lance, penulis Betawi Ridwan Saidi melihat orang Betawi sudah ada sebelum VOC datang ke nusantara sementara Pengajar Departemen Sejarah Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso berargumen unsur pembentuk orang Betawi justru mayoritas datang dari daerah luar kota tembok Batavia yang bukan budak bawaan JP Coen.

Berlangganan via Email