Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Feminisme Kritis: Gender dan Kapitalisme dalam Pemikiran Nancy Fraser

gambar
Rp.110.000,- Rp.50.000,- Diskon
Judul: Feminisme Kritis: Gender dan Kapitalisme dalam Pemikiran Nancy Fraser
Penulis: Amin Mudzakkir
Penerbit: Gramedia, 2022
Tebal: 298 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Bekas)

Menurut Nancy Fraser, mainstream pemikiran feminisme kini sudah menjadi "pelayan" neoliberalisme. Feminisme itu mendukung marketisasi dan meritokrasi yang hanya fokus pada kebebasan individu sehingga dimanfaatkan oleh kapitalisme untuk melegitimasi ketimpangan yang terjadi. Kritik feminisme cuma seputar identitas budaya patriarki tanpa mendalami latar belakang ekonomi-politik yang membentuknya, gerakan ini kehilangan daya kritiknya terhadap kapitalisme. Fraser berusaha menarik kembali kritik kapitalisme ke kancah diskursus feminisme dengan menawarkan Feminisme Kritis sebagai feminisme gelombang ketiga.

Penulis buku ini meneliti dan menguraikan pemikiran Nancy Fraser tentang Feminisme Kritis yang berdimensi luas untuk Keadilan Sosial. Bertolak dari sudut pandang feminisme sosialisme/marxisme, lalu meminjam filsafat post-modernisme Foucault, serta mengembangkan konsep gerak ganda Polanyi dan teori kritis Habermas, Fraser meramu Feminisme Kritis sebagai kerangka kerja kritik gender terhadap kapitalisme. Fraser menawarkan konsep-konsep kunci keadilan seperti kesatuan rekognisi, redistribusi, representasi; ruang publik tandingan; kepengasuhan universal; dll.

Kontribusi penting penulis buku ini yaitu menjelaskan relevansi penerapan Feminisme Kritis dalam konteks Indonesia dan keterbatasan pemikiran Fraser itu. Misalnya tawaran Keadilan untuk kasus Tionghoa dan PKI dalam politik kewarganegaraan; Membaca Feminisme Islam sebagai publik tandingan; Konsep Kepengasuhan Universal untuk memperluas kriteria PKH sebagai jaring pengaman sosial dalam politik anggaran welfare state.

Sebuah buku penting bagi akademisi dan aktivis gender, juga semua yang tertarik kajian filsafat dan ilmu sosial kritis.
Pesan Sekarang