Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe

gambar
Rp.100.000,- Rp.50.000 Diskon
Judul: Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe
Penulis: Zaenuddin HM
Penerbit: Buku Pintar Indonesia, 2018
Tebal: 404 halaman (ukuran besar)
Kondisi: Bagus (Ori Stok Lama)

Ketika Anda misalnya, sedang melintas di Menteng, Pluit, Bintaro, Kemang, Pondok Indah, Cempaka Putih, Rawamangun, Warung Buncit, Kebayoran dan Cengkareng; atau sedang berolahraga di Senayan; atau tengah asyik berbelanja di Blok M, pernahkah terpikir mengapa tempat-tempat tersebut diberi nama seperti itu? Ternyata, semua tempat di Jakarta punya asal-usul tersendiri. Ada yang berasal dari nama pohonan, binatang, orang, sawah, kebun, hutan, dan peristiwa. Dulu merupakan "tempat jin buang anak" kemudian kini diubah jadi pemukiman yang layak, lebih beradab, dan modern.

Buku ini memuat fakta 220 tempat di Jakarta tempo doeloe yang masih eksis. Membaca riwayatnya dan melihat foto-foto klasiknya, seakan menyeret kita ke kehidupan kota Jakarta pada ratusan tahun silam: yang teduh dan tenang tanpa kemacetan. Kota Batavia memang menyimpan segudang nostalgia. Bukan sekadar kenangan, tapi juga menjadi pengetahuan berharga yang memperkaya batin dan intelektual kita.

Zaenuddin HM adalah jurnalis senior Rakyat Merdeka Croup (Holding Jawa Pos Croup). Buku-buku karyanya sudah banyak memenuhi rak toko buku di negeri ini, di antaranya: How To Be A Writer, The Journalist, Freelance Media, Trilogi Jakarta, Golden Words, Messages of Success, dan Kisah Sukses Jokowi.
Pesan Sekarang