Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kotagede dalam Komik

gambar
Rp.60.000,- Rp.30.000 Diskon
Judul: Kotagede dalam Komik
Penulis: Kickers Arsyad, dkk.
Penerbit: Jalasutra dan Studio Diskom, 2010
Tebal: 152 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok Lama)

Di dalam buku ini dituliskan bahwa eksplorasi sudut-sudut khas Kotagede menarik untuk dituliskan dalam komik. Beragam kisah yang tampil dalam kompilasi ini dekemas dengan gaya masing-masing pembuat komik yang mulai memperkenalkan gaya personal mereka sendiri. Hampir semua komik dikerjakan dengan semangat seniman-komikus, alias dikerjakan secara individual mulai dari penyusunan cerita, sketsa pensil, hingga finishing tinta, dan secara kebetulan semua dikerjakan secara manual. Semangat ngomik, via olah visual yang menarik dan gaya gambar yang khas, didukung dengan semangat eksplorasi yang tinggi dan riset mendalam terhadap tema, dibungkus dengan jalinan cerita yang menarik, maka akan menghasilkan komik yang menghibur dan memberikan pengetahuan-pengetahuan yang lain dan gagasan yang baru.

Kotagede semasa saya kecil banyak perpustakaan yang menyimpan buku-buku dan komik. Di Pasar Legi juga ditemui banyak penjual buku dan komik. Buku "Kotagede dalam Komik" ini menghidupkan kembali suasana itu. Lewat buku ini, kita bisa belajar, berfantasi, bahkan lebih banyak tahu di samping komik lebih mudah dipahami daripada sekadar kata-kata atau tulisan tentang Kotagede. Saya kira tak akan ada habisnya kalau mau mengkomikkan Kotagede seisinya.
M. Natsir Chirzin, Yayasan Kantil Kotagede

Sesuai karakter komik "mendongeng melalui bahasa gambar" komik yang menarik tidak cukup hanya mengandalkan keterampilan menggambar saja, namun juga keterampilan menyampaikan isi (alur) ceritanya. Untuk komik yang bersifat "menguak aspik di balik hal", dibutuhkan survei atau observasi secukupnya tentang yang kasat mata dan yang tak kasat mata. Komik ini sebagain besar mengungkapkan "di balik hal" Kotagede, yang berarti menceritakan adanya proses berkreasi melalui langkah observasi. Cukup menarik, dan mengingatkan saya pada beberapa komik karya Teguh Santosa, tahun 1970-an.
Asnar Zacky, toekang gambar apa saja, pengajar di DKV ISI Yogyakarta
Pesan Sekarang