Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Musik? Kajian tentang Sunyi dan Bunyi Berdasarkan 4'33" karya John Cage

gambar
Rp.50.000,- Rp.25.000 Diskon
Judul: Apa Itu Musik? Kajian tentang Sunyi dan Bunyi Berdasarkan 4'33" karya John Cage
Penulis: Karina Andjani
Penerbit: Marjin Kiri, 2014
Tebal: 157 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok Lama)

Pada 1952, komponis John Cage mementaskan karyanya berjudul 4'33". Dalam komposisi ini, seorang pianis ternama duduk diam di depan piano selama 4 menit 33 detik tanpa memainkan satu nada pun. Karya kontroversial ini langsung memicu banyak perdebatan estetik dan filosofis yang mungkin tak berkesudahan hingga sekarang.

Bagaimana kita harus memaknai eksperimen Cage ini? Bisakah sunyi disebut musik? Lebih jauh, adakah yang disebut kesunyian itu? Tetapi juga, jangan salah memahami bahwa ini buku mengenai Cage. Cage hanya merupakan titik berangkat untuk lebih memahami musik.

Sebagai pelajar filsafat sekaligus pemain piano, Karina Andjani menjelajahi pertanyaan-pertanyaan menggelitik tersebut. Bukan hanya mengulas Cage, buku Karina ini pada dasarnya adalah telaah tentang ontologi musik —apakah yang bisa disebut musik itu, dan apa saja syarat-syaratnya?

Sebuah kajian yang sangat jarang ditulis oleh seorang Indonesia dan karenanya tak boleh dilewatkan baik oleh penikmat filsafat maupun penikmat musik umumnya.
Pesan Sekarang