Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

A Brief History of Time: Sejarah Singkat Waktu

gambar
Rp.70.000,- Rp.50.000 Diskon
Judul: A Brief History of Time: Sejarah Singkat Waktu
Penulis: Stephen Hawking
Penerbit: Gramedia, 2017
Tebal: 305 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Segel)

A Brief History of Time adalah salah satu karya termahsyur Hawking. Dalam bukunya tersebut ia berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan besar seperti: bagaimana alam semesta bermula dan apa yang memulainya? Apa itu waktu? Apakah ia selalu bergerak maju? Lalu apakah alam semesta memiliki ujung? Sampai apa yang terjadi saat alam semesta berakhir?

Dalam buku ini mulanya Hawking menjelaskan sejarah singkat upaya manusia dalam memahami alam. Mulai dari era Yunani yakni Aristoteles dan Ptolemeus, kemudian beberapa ilmuwan zaman renaisans seperti Galileo Galilei, Kopernikus dan Newton sampai abad ke-20.

Pada era Albert Einstein dan Heissenberg, pemahaman kita tentang alam semesta dan sains berubah. Waktu tak lagi mutlak, ia relatif, dapat dipengaruhi ruang dan waktu. Selain itu alam semesta yang dianggap memiliki suatu set hukum yang bersifat prediktif dan deterministik --menganggap setiap kejadian atau tindakan merupakan konsekunsi dari kejadian sebelumnya.

Kemudian Hawking juga membahas mengenai salah satu teorema terbesarnya tentang singularitas. Yakni sebuah keadaan di mana suatu objek yang dihitung menjadi tak terhingga.

Dia bekerja bersama Roger Penrose, ahli matematika Inggris yang mendampingi Hawking dalam sejumlah penemuan penting pertamanya. Penelitian singularitas tersebut menjadi kiprah pertama Hawking dalam mencari bukti terciptanya kehidupan alam semesta. Hawking dan Penrose bahkan berhasil menunjukkan bahwa teori Einstein memiliki kekurangan. Sehingga membuka jalan bagi para ilmuwan untuk terus mencari kebenaran yang sesungguhnya.

Lalu ia juga membahas teori besarnya yang lain mengenai lubang hitam. Ia menjelaskan bahwa lubang hitam tidak benar-benar hitam legam melainkan tetap memancarkan suatu zarah yang bisa terdeteksi oleh pengamatan jauh.
Pesan Sekarang