Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raden Saleh: Kehidupan dan Karyanya

gambar
Rp.250.000,- Rp.180.000 Diskon
Judul: Raden Saleh: Kehidupan dan Karyanya
Penulis: Werner Kraus
Penerbit: KPG, 2018
Tebal: 458 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Segel)

Sepak terjang seorang seniman harus dipahami dalam konteks zaman dan lingkungan intelektualnya. Buku ini berupaya mendedahkan kehidupan Raden Saleh dengan cara pandang demikian. Misalnya saja, ada dunia Jawa yang melahirkan Raden Saleh, situasi berbeda yang ditemuinya selama berada di Eropa, atau realitas sosial dan kultural negara kolonial yang semakin kokoh, yang memaksa Sang Pelukis menyesuaikan diri sepulangnya dari Eropa.

Raden Saleh sangat pandai menyesuaikan diri, dan dia senantiasa berhasil memanfaatkan peluang yang terbuka baginya di negeri terjajah, baik karena kecerdikannya maupun karena nasib baik. Namun, pada akhirnya, dia gagal lantaran terbentur pada masalah mendasar masyarakat kolonial Jawa: rasisme inheren. Kendati demikian, di dalam kerangka tragis itu, dia menjalani kehidupan yang spektakuler: sebagai pelukis, sebagai ilmuwan, sebagai pembaru pendidikan seni, sebagai kolektor dan penjaga, dan masih banyak lagi.

Karya ini bukanlah buku teks yang sukar dipahami, melainkan lebih sebagai upaya menceritakan kisah kehidupan dan lukisan Raden Saleh dengan gaya esai yang ringan. Kita bisa saja melompat dari satu bab ke bab lain tanpa sepenuhnya kehilangan benang merah. Kita akan menjumpai kisah yang belum pernah diceritakan. Semua ilustrasi dan gambar dipilih dengan cara serupa. Tidak ada maksud untuk mencapai suatu daftar karya komplet ataupun kesempurnaan dalam wujud lain. Namun, pada akhirnya, kita bakal mendapatkan sebuah buku yang menghadirkan roh dan kehidupan serta karya Raden Saleh secara lebih baik dibanding buku-buku lain sebelumnya.
Pesan Sekarang