Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

L'assommoir (Rumah Minum) Emile Zola

gambar
Rp.112.000,- Rp.85.000 Diskon
Judul: L'assommoir (Rumah Minum)
Penulis: Emile Zola
Penerbit: Gramedia, 2018
Tebal: 656 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Segel)

L`Assommoir adalah novel ketujuh dari dua puluh novel dalam seri Rougon-Macquart, mengisahkan perjuangan Gervaise, perempuan gigih yang bertekad memperbaiki kehidupannya. Berawal sebagai buruh cuci di Paris, akhirnya dia berhasil membuka usaha penatu dan mencicipi hidup senang, untuk sementara. Tetapi suaminya yang pemabuk menghamburkan penghasilannya di Assommoir, dan lambat laun pasangan ini tenggelam dalam kemelaratan.

Kisah L'Assommoir berpusat di kalangan pekerja di Paris abad 19. Tokoh utamanya Gervaise yang muda dan cantik, namun menjadi getir karena kekasihnya (Lantier) yang malas hanya menghabiskan uang hasil jerih payah Gervaise sebagai buruh di rumah cuci. Ketika Lantier meninggalkan Gervaise, datanglah seorang pria tukang atap (roofer) bernama Coupeau yang mendekati dan akhirnya melamar Gervaise. Mereka pun menikah, dan sementara waktu hidup bahagia. Bahkan hasil tabungan mereka ditambah pinjaman dari tetangga membuat Gervaise mampu membuka laundress sendiri.

Ketika laundress mulai sukses, musibah datang. Coupeau terjatuh dari atap dan kakinya patah. Tak mampu bekerja berbulan-bulan menyebabkan Coupeau depresi. Ketika akhirnya bisa berjalan, ia malah mulai suka pergi ke rumah minum (l'assommoir) dan akhirnya menjadi pemabuk, sekaligus menghabiskan uang keluarga. Belum cukup beban Gervaise, Lantier datang kembali bagai lintah yang menghisap laundress. Akhirnya Gervaise pun menjadi makin miskin dan akhirnya terpuruk ke taraf yang bahkan lebih rendah dari yang paling rendah yang bisa kau bayangkan!

Kagum (sekali lagi) kepada Emile Zola yang berhasil menampilkan detil kehidupan sehari-hari kemiskinan kaum pekerja jaman itu, juga akibat dari minum minuman keras yang akhirnya menghabisi Coupeau. Penderitaan dapat digambarkan dengan begitu cemerlang oleh Zola.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email