Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perencanaan Pembangunan Daerah: Teori dan Aplikasi

gambar
Rp.118.000,- Rp.60.000 Diskon
Judul: Perencanaan Pembangunan Daerah: Teori dan Aplikasi
Penulis: Mudrajad Kuncoro
Penerbit: Gramedia, 2018
Tebal: 504 halaman
Kondisi: Bekas (Bagus)

Banyak pejabat daerah hanya memiliki dokumen perencanaan daerah, tetapi tidak peduli substansi perencanaan visi daerah mau dibawa ke mana, dan apa masalah mendasar yang dihadapi oleh daerah. Perencanaan Pembangunan Daerah membutuhkan identifi kasi dan pemahaman: sistem perencanaan pembangunan nasional/daerah; jenis perencanaan; sumber daya yang dimiliki; masalah mendasar yang dihadapi; komoditi/ jasa/sektor unggulan, arah, dan tujuan yang ingin dicapai; indikator kinerja utama; pembiayaan pembangunan; integrasi dimensi sektoran dan wilayah; serta formulasi visi-misi-strategi. Fokus buku ini adalah bagaimana memanfaatkan teori dan konsep perencanaan untuk membangun ekonomi lokal, kota, dan kawasan.

"Berbekal pengalaman blusukan ke seluruh wilayah Indonesia, Prof. Mudrajad mampu menyajikan betapa teori perencanaan juga membutuhkan ‘seni’ ketika diaplikasikan di Indonesia yang amat ‘bhinneka’. Studi kasus di berbagai daerah provinsi, kabupaten, dan kota yang ditampilkan dalam buku ini memperkaya kita dalam memahami kompleksitas masalah dan beragamnya potensi, menyusun strategi yang membutuhkan kejelian, dan menangkap peluang membangun daerah." — Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Kabinet Kerja 2014–2019)

"Buku teks yang diramu dengan konteks empiris kasuistik ini dimaksud untuk mengisi minimnya buku tentang Perencanaan Daerah yang yang secara komprehensif-simultan memuat empat aspek (politik, hukum, administrasi, dan fi skal) dengan contoh-contoh aplikasi ‘best pratices’ di daerah yang diteliti. Meski cukup tebal, buku ini enak dan perlu dibaca, terutama oleh para birokrat, karena dapat menjadi rujukan praktis dalam perencanaan daerah yang berorientasi pada proses, mulai dari mengidentifi kasi dokumen, merumuskan visi-misi, menetapkan kebijakan, memilih strategi, dan mengimplementasikan program untuk membangun ekonomi lokal berbasis potensi unggulannya." — Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur Provinsi DIY)

"Buku ini ditulis dengan sangat komprehensif, yang ditinjau dari beberapa aspek penting, seperti aspek politik, hukum administrasi, dan fi skal, serta disuguhkan dengan contoh-contoh aplikasi kusus perencanaan pembangunan daerah yang dianggap telah berhasil. Membaca buku ini akan menambah wawasan dalam usaha memahami pentingnya perencanaan yang baik dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, buku ini wajib dibaca oleh para praktisi daerah, seperti kepala daerah, anggota DPRD, dan pejabat daerah lainnya." — Dr. Sinyo Herry Sarundajang (Gubernur Provinsi Sulawesi Utara 2005-2015 & Dubes RI di Filipina)
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email