Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genduk Duku (Y.B. Mangunwijaya)

gambar
Rp.88.000,- Rp.66.000 Diskon
Judul: Genduk Duku
Penulis: Y.B. Mangunwijaya
Penerbit: Gramedia, 2019
Tebal: 280 halaman
Kondisi: Baru (Ori Segel)

Novel Genduk Duku merupakan buku kedua dari trilogi Rara Mendut – Genduk Duku – Lusi Lindri, terjadi di abad ke XVII dan mengisahkan suka duka si gadis Duku, sahabat kecil Rara Mendut, setelah yang terakhir ini gugur melawan keris Tumenggung Wiraguna.

Novel_ini sekaligus juga mengungkap suasana tahun-tahun terakhir masa pemerintahan Sultan Agung dan masa remaja putra mahkota, Pangeran Aria Mataram- alias Raden Mas Jibus, yang kelak menjadi Suizan Amangkurat I.

Peristiwa-peristiwa serta suasana yang sendi sendi historisnya dapat kita lacak dalam laporan-laporan sumber Barat, seperti yang didokumentasikan oleh bekas dutabesar VOC di Mataram, Rijckloff van Goens, oleh penutur Francois Valenteyn, Babad Tanah Jawi, dan lain-lain, itu semua diolah dalam ramuan cerita fiktif yang menarik sekaligus kaya hikmah, humor maupun seriosa.

Genduk Duku, sahabat Rara Mendut yang membantunya menerobos benteng Keraton Mataram dan melarikan diri dari kejaran Tumenggung Wiraguna. Setelah kematian Rara Mendut dan Pranacitra, Genduk Duku hidup sebagai pelarian bersama Slamet. Genduk Duku juga menjadi saksi perseteruan diam-diam antara Wiraguna dan Pangeran Aria Mataram, putra mahkota yang kelak bergelar Sunan Amangkurat I dan sesungguhnya juga jatuh hati kepada Rara Mendut.

Genduk Duku merupakan novel kedua dari Trilogi Rara Mendut, mahakarya Y.B. Mangunwijaya. Sebuah narasi yang tidak hanya mengisahkan tumpang tindih hidup manusia, juga dengan apik menyinggung sejarah Tanah Jawa, keberanian perempuan, dan protes atas ketidakadilan.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email