Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Four: DNA Rahasia Amazon, Apple, Facebook, dan Google

gambar
Rp.108.000,- Rp.80.000 Diskon
Judul: The Four: DNA Rahasia Amazon, Apple, Facebook, dan Google
Penulis: Scott Galloway
Penerbit: Gramedia, 2018
Tebal: 300 halaman
Kondisi: Baru (Ori Segel)

Seperti judulnya, buku ini membahas 4 perusahaan teknologi yang telah ‘menguasai’ dunia dan masuk di semua sektor dalam kehidupan kita, yaitu Amazon, Apple, Facebook, dan Google.

Coba kita lihat aktivitas kita sehari-hari. Smartphone yang kita miliki kalau tidak berbasis Android (milik Google) pasti iOS iPhone (milik Apple). Kita mencari informasi lewat Google Search. Jika kita ingin melihat kondisi teman kita, kita buka Facebook dan Instagram yang keduanya dimiliki Facebook. Saat di perjalanan ingin ke suatu tempat, kita buka Google Maps untuk melihat arah dan lokasi. Media utama kita berkomunikasi adalah Whatsapp milik Facebook. Kita streaming film netflix, servernya AWS Amazon. Kita booking tempat liburan lewat Airbnb, servernya pun AWS Amazon. Belanja online ? rajanya adalah Amazon yang menguasai Amerika, Eropa, dan Jepang.

Prof Galloway membahas satu per satu dari 4 perusahaan tersebut, dan juga membahas keterkaitan antara satu sama lain. Keempatnya kini menjadi perusahaan paling bernilai di dunia dari segi valuasi. Jika beberapa dekade lalu kita menyebut perusahaan seperti GE dan Berkshire sebagai konglomerat dunia, sekarang keempat perusahaan teknologi itulah yang berstatus konglomerat.

Keempat perusahaan tersebut mempunyai kelebihan dibanding perusahaan global lain, utamanya karena mereka mempunyai ‘data’. data yang mereka peroleh dari customer dalam jumlah masif sangat bernilai, membuat mereka menjadi semakin besar dari hari ke hari. Amazon dapat menawarkan produk sesuai yang bahkan belum terpikirkan oleh customer saat berkunjung ke websitenya. Google mampu memberikan suggestion query sebelum kita menyelesaikan kata yang kita ketik di Google Search. Facebook dapat menemukan teman lama kita yang bahkan sudah hampir terlupa sebelumnya. Apple mempunyai ekosistem dalam produknya seperti AppStore dalam produk iPhone yang dimiliki lebih dari 1 milyar orang di dunia.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email