Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menemani Minoritas: Paradigma Islam Tentang Keberpihakan dan Pembelaan kepada yang Lemah

gambar
Rp.120.000,- Rp.90.000 Diskon
Judul: Menemani Minoritas: Paradigma Islam Tentang Keberpihakan dan Pembelaan kepada yang Lemah
Penulis: Dr. Ahmad Najib Burhani
Penerbit: Gramedia, 2019
Tebal: 390 halaman
Kondisi: Baru (Ori Segel)

Dunia kita saat ini sedang mengalami sebuah krisis keberagaman dan pluralitas yang serius. Ada normalisasi intoleransi dan sikap diskriminatif pada kalangan minoritas. Apa yang disebut dalam konstitusi sebagai hak-hak yang sama sebagai warga negara, seringkali tidak berlaku penuh untuk kelompok minoritas. Kondisi ini justru sering diperparah dengan munculnya political entrepreneur yang merepresentasikan kelompok minoritas sebagai “unsur asing” yang harus disudutkan ataupun dibersihkan dari tubuh negara.

Ada berbagai upaya untuk melawan arus itu. Imbauan atas dasar Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan salah satunya. Imbauan berdasar atas kewarganegaraan yang setara tanpa ada pembedaan (differentiated citizenship) adalah upaya lainnya. Namun kedua pendekatan itu terkadang belum cukup. Bahkan keduanya bisa saja dilihat sebagai wacana yang kering ataupun kosong karena dianggap terlalu jauh dari nilai-nilai warga negara yang berdasar atas agama. Inilah yang menjelaskan mengapa pendekatan teologis menjadi sedemikian penting. Hak-hak fundamental kelompok minoritas bukan hanya dibela karena kategorinya yang non-derogable rights dalam konstruksi hukum, tetapi juga memiliki basis paradigmatik dalam khazanah pemikiran Islam. Bahwa membela dan menemani minoritas yang teraniaya tiada lain merefleksikan ajaran tauhid, satu ajaran pokok dari Islam.

Di tengah langkanya narasi simpati dan cinta terhadap kelompok minoritas, buku ini menjawab kebutuhan kita bersama untuk memperteguh penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia yang sangat dijamin oleh konstitusi.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email