Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fahrenheit 451 (Ray Bradbury)

gambar
Rp.58.000,- Rp.43.000,- Diskon
Judul: Fahrenheit 451
Penulis: Ray Bradbury
Penerbit: Gramedia, 2018
Tebal: 210 halaman
Kondisi: Baru (Ori Segel)

Guy Montag adalah seorang pemadam kebakaran yang telah sepuluh tahun bekerja di fahrenheit 451. Sayangnya, pemadam kebakaran sekarang bukan bekerja untuk memadamkan api, melainkan malah menyulut api. Ia sangat menyukai pekerjaannya membakar. Baginya, kobaran api adalah pertunjukan yang menakjubkan, dan minyak tanah adalah sebuah wangi parfum. Pemadam kebakaran membakar segala macam bentuk buku beserta rumah pemiliknya. Orang-orang dilarang membaca buku dan menyimpannya. Saat itu buku adalah pelangaran berat. Buku dianggap benda mati yang tak bisa memberikan kebahagiaan. Buku adalah benda yang menyesatkan.

Suatu malam saat dalam perjalanan pulang, ia bertemu tetangga baru bernama Clarisse McClellan. “usiaku 17 tahun dan aku tidak waras. Pamanku berkata bahwa dua kalimat itu harus diucapkan bersama-sama,” begitulah yang ia ucapkan saat memperkenalkan diri pada Montag. Bagi Montag, Clarisse adalah sesosok gadis cerewet yang 'berbeda' dibanding gadis-gadis seumurannya. Dan bagi clarisse, Montag adalah pria dewasa yang terperangkap dalam kebahagiaan semu. Clarisse pernah mengungkapkan bahwa dirinya dianggap aneh dan antisosial oleh teman-temannya. “aku anti sosial, menurut mereka. aku tidak membaur. Sangat aneh. Aku sebenarnya orang yang bersifat sosial. Semua bergantung pada apa yang kau maksud dengan sosial. Bukankah begitu? Sosial menurutku adalah berbicara denganmu mengenai hal apa saja seperti ini.”

Suatu ketika, kasus datang dari seorang nenek penggila buku. Alarm berbunyi, dan anggota fahrenheit 451 siap membakar. Nenek itu bersikukuh tak akan pernah meninggalkan rumahnya. Ia lebih baik mati dan terpanggang bersama buku-bukunya daripada harus menyaksikan buku-bukunya terbakar dan menjadi abu. Jiwa Montag bergetar. Ia bertanya-tanya, kenapa orang itu begitu mencintai buku? Apa yang ada didalam buku? Apakah sehebat itu kekuatan buku.

Ia lalu mendatangi faber−seorang profesor dan pecinta buku yang ada pada daftar target operasi yang ia rahasiakan dari pemadam kebakaran−untuk mengajarinya soal buku dan menguak kekuatan dari buku. Ia merencanakan sesuatu dengannya untuk menghancurkan pemadam kebakaran. Sayang, sebelum pemberontakan terjadi, istri Montag melaporkan suaminya. Rumah merekapun dibakar beserta buku-buku simpanannya. Montag sendiri yang membakarnya dalam keadaan kacau. Setelah semua hangus, Montag membakar beatty−pemimpinnya di fahrenheit 451. Ia kabur membawa buku yang tersisa.

Atas petunjuk faber, Montag pergi meninggalkan kota. Ia menyususri hutan lewat sungai lalu mengikuti arah rel kereta tua hingga menemukan sebuah camp yang berisi para pecinta buku dari berbagai penjuru. Montag bergabung dengan mereka. Mereka adalah para pecinta buku yang mengembangkan teknik ingatan fotografis melalui latihan. Mereka menyimpan semua isi buku dalam ingatannya. Mereka membagi-bagi setiap penulis untuk diingat oleh beberapa anggota. Dan Montag menawarkan ingatannya tentang al-kitab meskipun ia sendiri merasa samar-samar. Bersama-sama, mereka berniat untuk membangkitkan kembali peradaban membaca buku. Mereka menyimpan semua ingatan tentang buku agar bisa diwariskan ke orang-orang dan anak cucu mereka hingga peradaban baru datang. Hingga peadaban membaca buku kembali mewarnai dunia.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email