Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

A.R. Baswedan: Revolusi Batin Sang Perintis

gambar
Rp.65.000,- Rp.50.000,- Diskon
Judul: A.R. Baswedan: Revolusi Batin Sang Perintis
Penulis: Nabiel A. Karim Hayaze
Penerbit: Mizan, 2015
Tebal: 124 halaman
Kondisi: Baru (Ori Segel)

AR Baswedan (lengkapnya: Abdur Rahman Baswedan)adalah seorang pejuang kemerdekaan yang seakan-akan “terlupakan” dalam catatan sejarah Indonesia. Padahal, jejak rekamnya dalam sejarah Indonesia begitu kuat: salah satu pelopor jurnalisme perjuangan Indonesia, pejuang kemerdekaan Indonesia, anggota misi diplomasi pertama Indonesia, anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Syahrir, anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), anggota Parlemen dan Anggota Dewan Konstituante, dan khususnya tokoh integrasi kaum Arab ke dalam bangsa-negara Indonesia.

Buku ini merupakan upaya melawan amnesia sejarah supaya perjuangan tokoh perjuangan Indonesia dari keturunan Arab ini tidak dilupakan, melainkan diakui dan dicatat dalam sejarah perjuangan Indonesia. Meski tidak bersedia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, AR Baswedan selayaknya diakui sebagai pahlawan nasional.

Nama Abdur Rahman (AR) Baswedan mungkin tidak begitu dikenal publik. Namanya juga sangat sedikit dicantumkan dalam buku sejarah. Setelah meninggal, atas permintaannya, beliau tidak dikebumikan di Taman Makam Pahlawan. Padahal, perannya begitu besar bagi sejarah terbentuknya republik ini.

Kakek dari Anies Baswedan ini adalah tokoh integrasi kaum Arab ke dalam bangsa-negara Indonesia. Beliau juga anggota misi diplomasi pertama Indonesia, anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Syahrir. Pemikiran dan sepak terjang beliau yang dituliskan dalam buku ini membuat kita menyadari visinya yang besar terhadap bangsa ini.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email