Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marketing In Challenging Times

gambar
Rp.135.000,- Rp.102.000,- Diskon
Judul: Marketing In Challenging Times
Penulis: Hermawan Kartajaya
Penerbit: Gramedia, 2015
Tebal: 292 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok lama)

Indonesia sedang menghadapi masa penuh tantangan karena berubahnya dinamika lingkungan bisnis. Namun, pemasar Indonesia tidak boleh patah arang dan justru harus cermat mencari peluang sebab pasar selalu bersifat dinamis. Selalu ada saja peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Tentunya, itu semua tidak bisa mengandalkan cara-cara lama. Konsumen saat ini menyukai pendekatan yang mengedepankan Technology-Lifestyle-Human Spirit. Karena itu, pemasar pun didorong untuk memiliki entrepreneurial strategy, creative tactic, untuk menghasilkan productive value. Apa maksudnya?

Bayangkan saja, di Indonesia ini banyak orang yang sanggup (dengan berbagai cara) membeli smartphone dengan harga yang cukup mahal. Namun ketika diminta untuk melakukan pembelian game atau aplikasi, tidak sedikit yang akan menolak bahkan memberikan rating yang cukup rendah. Fenomena game dan aplikasi harus gratis sempat mencuat dan membuat miris para pelaku industri kreatif digital.

Hal tersebut, dalam buku ini dikupas tuntas strateginya. Bagaimana pemasar pada era digital harus kreatif dengan melihat 3 aspek utama yaitu:
1. Technology
Perkembangan teknologi sangat cepat. Kita perlu melihat bagaimana cara target market kita dalam mengadopsi teknologi tersebut. Tidak semua teknologi canggih memberikan solusi. Teknologi tepat guna yang lebih bermanfaat akan lebih banyak dipakai.

2. Lifestyle
Perhatikan gaya hidup target market kita. Apakah mereka suka menggunakan non-tunai apa malah suka menggunakan yang cash untuk membayar? Tentu kemudahan penggunaan akan membuat produk kita lebih diminati pelanggan.

3. Human Spirit
Perlu juga 3 aspek penting dalam melakukan proses marketing yaitu perhatikan proses H2H atau Human to Human yaitu interaksi antar sesama manusia, kemudian H2M atau Human to Machine atau kalau di bangku kuliah kita mendapatkan materi Interaksi Manusia Komputer dan yang terakhir adalah M2M atau Machine to Machine. M2M ini yang sekarang istilah kerennya adalah IoT (Internet of Things).
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email