Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cinco Esquinas (Lima Sudut)

gambar
Rp.93.000,- Rp.60.000,- Diskon
Judul: Cinco Esquinas (Lima Sudut)
Penulis: Mario Vargas Llosa
Penerbit: Gramedia, 2018
Tebal: 312 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok lama)

Peristiwanya terjadi di era 1990-an, pada masa pemerintahan Presiden Alberto Fujimori yang korup dan penuh gejolak. Dua pasangan kaya raya dari kalangan elite di Lima terlibat skandal seks yang berujung pada pemerasan. Enrique, seorang pengusaha berpengaruh, mendapat kunjungan Rolando Garro, editor tabloid bereputasi buruk.

Garro menyimpan foto-foto cabul Enrique dan memaksanya berinvestasi di tabloid Destapes yang dikelola Garro. Enrique menolak, dan esok harinya foto-foto itu muncul di halaman depan tabloid tersebut. Ketika Garro tewas terbunuh, serangkaian peristiwa terjadi susul-menyusul dan melibatkan berbagai kalangan yang ingin mengungkap maupun menutupi kasus tersebut.

Jurnalisme gosip, serangan oposisi, skandal seks orang penting, hingga berujung pada aksi lava la bandera (mencuci bendera Peru) adalah kelindan mematikan untuk menjungkalkan tirani Fujimori yang korup dan penuh gejolak.

Llosa kembali hadir di tengah kita, pada novel Lima Sudut yang tidak dianjurkan bagi anak-anak dibawah umur. Hanya untuk dewasa 21+ yang sudah paham makna bahaya mesum dan aksi pornografi brutal.

Untuk kali ini, Mario Vargas Llosa membawa kita pada perhatian yang sungguh jenaka: “Memercayai jurnalisme gosip sebagai senjata, sekaligus mengajak sedikit yakin kemungkinan jurnalisme gosip tak selalu berparas sampah.”

Kita membayangkan, andaikan jurnalisme gosip Indonesia tak melulu menjadi sampah, mungkin kah bisa menjadi senjata?
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email