Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

peREmpuan (Maman Suherman)

gambar
Rp.55.000,- Rp.25.000,- Diskon
Judul: peREmpuan
Penulis: Maman Suherman
Penerbit: KPG, 2016
Tebal: 195 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok lama)

PeREmpuan adalah sekuel dari buku Re: karya Notulen ILK (Indonesia Lawak Klub), Maman Suherman yang diluncurkan pada tahun 2014. Re: adalah novel karya Kang Maman yang lahir dari skripsi yang dibuatnya, bercerita tentang sosok wanita bernama Re: (Rere) yang hamil di luar nikah dan berhijrah ke Jakarta. Apa boleh dikata ternyata sosok wanita yang bertemu dengannya dan dianggapnya sebagai malaikat namun malah menjebloskannya ke lingkungan pelacur lesbian dan terpaksa menitipkan anaknya (Melur) kepada pasangan suami istri yang mendambakan anak selama belasan tahun.

Dan pada novel peREmpuan, setelah dua puluh enam tahun kematian Re:, Sang anak, Melur kembali ke tanah air dengan gelar PhD. Namun, sejumlah tanya ia bawa pulang: Siapakah ibu kandungnya? Betulkah ibunya diperjualbelikan, dipaksa menjadi pelacur lesbian? Apa penyebab kematian ibunya yang amat tragis itu?.

Maman Suherman yang kerap disapa Kang Maman itu, sering sekali menulis buku tentang perempuan. Dan pada novel ini Kang Maman akan membahas Melur, putri sematawayang Re:, yang ternyata sudah mencari informasi tentang Re: sejak lama. Pada buku ini pula akhirnya beberapa pertanyaan yang selama ini ia cari jawabanya, akhirnya terungkap.

Pemulung Kata adalah julukan yang benar-benar cocok untuk Kang Maman, karena pada novel ini banyak sekali kutipan dari beberapa orang terkenal yang ia cantumkan sehingga membuat kata per kata dalam buku ini semakin lengkap dan selalu ingin dibaca kembali, selain itu gambar sampul yang dibuat oleh Mbak Asti Husain semakin melengkapi buku ini. Saya sangat senang ketika mengetahui bahwa Mbak Asti Husain akan berkontribusi kembali dalam buku terbaru Kang Maman setelah buku 99 Mutiara Hijabers, namun saya juga agak sedikit kecewa ketika mengetahui ternyata Mbak Asti Husain hanya membuat gambar sampul novel ini dan tidak membuat ilustrasi pada buku ini.

Bukan Kang Maman namanya, jika tidak bisa memberikan tulisan yang (selalu) memainkan emosi pembacanya. Kang Maman adalah sosok penulis yang paling jago membuat pembacanya sesak dada, hati pilu dan mata sembab, selain teka-teki dan rasa penasaran tentang Re; dan Melur terungkap, muncul kembali rasa penasaran pada akhir cerita novel ini, yang berarti menandakan akan muncul kembali sekuel dari novel peREmpuan.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email