Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata, Cinta, dan Terang Semesta

gambar
Rp.75.000,- Rp.35.000,- Diskon
Judul: Mata, Cinta, dan Terang Semesta
Penulis: Agus Irkham
Penerbit: KPG, 2017
Tebal: 316 halaman
Kondisi: Bagus (Ori Stok lama)

Siapa sangka ternyata angka kebutaan di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia, yaitu 1,5 persen dari total jumlah penduduk, dengan 53 persen dari jumlah tersebut disebabkan oleh katarak. Artinya kurang lebih ada 2 juta penderita katarak. Tingginya jumlah buta katarak semakin meningkat karena adanya fenomena backlog, yaitu terjadinya penumpukan kasus katarak antara kasus-kasus lama dan penambahan kasus-kasus baru. Setiap tahun diperkirakan bertambah sekitar 240 ribu penderita katarak baru!

Menyadari itu dr. Vidyapati Mangunkusumo, SpM merasa terpanggil untuk turut serta mengurangi buta katarak di Tanah Air. Satu di antaranya melalui kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis. Ia hadir dengan segenap cinta, membawa terang semesta, kepada ribuan sesama.

“Alur cerita biografi ini sangat menyenangkan untuk dibaca, karena sarat dengan cerita kehidupan seorang profesional kesehatan di berbagai periode berbangsa dan bernegara. Tuturannya pun sangat bersahaja tanpa ada kesan menggurui. Sudah begitu, isinya juga sarat dengan filosofi kehidupan yang sangat layak untuk diresapi kita bersama.”
-- Dr. dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM(K)
Ketua Kolegium Oftalmologi Indonesia (2011-2016)
Kepala Departemen Ilmu Penyakit Mata FKUI-RSCM (1997-2005)

“Menurut pandangan saya pribadi, perjalanan hidup dr. Vidyapati Mangunkusumo, SpM yang tertuang dalam buku ini akan menginspirasi para dokter mata baru untuk bisa menjadi dokter mata berkualitas paripurna. Dokter mata yang mampu dan mau menyelesaikan masalah kebutaan di Indonesia. Dokter mata yang siap terjun ke daerah-daerah terpencil untuk mengatasi permasalahan mata di pelosok. Menjadi dokter mata berkemampuan terkini baik dari sisi pengetahuan dan teknologi untuk kemudian siap menjadi guru terbaik buat murid-muridnya.”
-- Prof. dr. Wasisdi Gunawan, SpM(K)
Guru Besar di Departemen Ilmu Penyakit Mata Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Pesan Sekarang