Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Literasi dari Kampung untuk Nusantara

gambar
Rp.80.000,- Stok Kosong Diskon
Judul: Gempa Literasi dari Kampung untuk Nusantara
Penulis: Gol A. Gong & Agus M Irkham
Penerbit: KPG, 2012
Tebal: 519 halaman
Kondisi: Ori Bekas (Bagus)

Meminjam kata Rendra (alm), kreativitas memiliki tiga syarat utama, cinta kasih, keterlibatan, dan nilai-nilai universal. Ketiganya diikat dalam satu kalimat masuk dalam kontekstualitas sambil meraih ridha Allah. Buku ini merupakan salah satu hasil sublimasi konsep tersebut: bentuk cinta kasih dan keterlibatan Gol A Gong dan Agus M. Irkham -aktivis Forum Taman Bacaan Masyarakat- di lapangan literasi.

Literasi dihadirkan dalam dua sisi: konsepsi dan praksis. Sisi pertama memahamkan dan memberi pijakan tentang urgennya "melek literasi", memberikan panduan perkembangan literasi di Indonesia, serta mendedahkan pentingnya masyarakat pembelajar. Sisi kedua berupa contoh bagaimana buku diupacarai dan dirayakan komunitas literasi.

Bentangan tema dalam buku ini begitu luas karena literasi berjalin erat dengan kehidupan, mulai dari dunia penerbitan, komunitas literasi, perpustakaan, kampanye baca tulis, hingga isu sosial, karena ia tak hidup dalam ruang hampa udara. Pembicaraan yang ditampilkan dalam 99 esai pun punya makna khusus: undangan agar pembaca menggenapinya menjadi 100 melalui aksi nyata dalam bentuk tulisan.

Gol A Gong dan Agus M. Irkham menggiatkan Gempa Literasi, gempa yang tidak bersifat menghancurkan, tapi justru membangun.
Pesan Sekarang