Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku-buku yang Direkomendasikan Jeff Bezos, Bill Gates, dan Marc Andreessen


Ketika Jeff Bezos memetakan jalan Amazon menuju dominasi online, dia mengakui bahwa buku-buku akan menjadi tempat berpijak yang sempurna. “Kita semua memiliki buku yang telah mengubah hidup kita,” kata Bezos, “dan sebagian dari apa yang kami lakukan di Amazon.com mencoba membantu Anda menemukan dan menemukan yang berikutnya.”

Sampai hari ini, Silicon Valley mengakui kekuatan unik dari buku. Bezos menggunakan daftar selusin judul yang dipilih dengan cermat untuk menjelaskan pertumbuhan perusahaannya yang spektakuler. Musim panas ini, kapitalis ventura terkemuka Silicon Valley, Marc Andreessen, mengeluarkan daftar 27 buku melalui Twitter kepada 700.000 pengikutnya. Bill Gates, pendiri Microsoft, baru-baru ini memposting bacaannya “Five Books Worth Reading This Summer.” Dan pada tahun 2015, chief executive Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan bahwa dia akan membaca buku setiap minggu, mengundang orang lain untuk bergabung dengan klub buku virtualnya.

Daftar-daftar ini membuat bacaan mempesona dengan sendirinya. Para pemimpin teknologi memegang kendali atas masyarakat, dan rekomendasi buku mereka mengungkapkan bagaimana mereka bermaksud untuk membentuknya kembali. Untuk pikiran yang sibuk ini, membaca bukanlah penerbangan yang mewah; ia penuh tujuan. Hampir tidak ada novel dalam daftar ini, tidak ada puisi, dan tidak ada kritik sastra. Sebaliknya, ada sains, ilmu sosial, psikologi, dan ekonomi.

Andreessen adalah seorang disrupter hebat, dan daftar musim panasnya menyoroti kegagalan sistem politik dan keuangan tradisional. Dengan demikian, ada The Myth of the Rational Voter oleh Bryan Caplan dan, sebagai pelengkap, Expert Political Judgment: How Good Is It? How Can We Know? oleh Philip Tetlock. Disfungsi keuangan mendorong The Spider Network oleh David Enrich dan When the Wolves Bite oleh Scott Wapner. Pemilihan presiden AS tahun 2016 yang kacau dan referendum Brexit mendapat perhatian khusus.

Dengan sedikit keyakinan dalam politik atau gerakan massa, Andreessen mencari ke dalam. Dalam daftarnya ada 12 Rules for Life karya Jordan Peterson, saran pribadi berdasarkan biologi evolusioner, serta kebijaksanaan yang diambil dari Montaigne dan Stoa. Lambang pendekatan hiperasional untuk hidup adalah Thinking in Bets, oleh pemain poker profesional Annie Duke, yang Andreessen rekomendasikan untuk "orang yang beroperasi di dunia nyata."

Alih-alih mencari ke dalam, Zuckerberg mengidentifikasi tren positif dalam skala makro untuk klub bukunya: End of Power karya Moises Naim (“Dunia bergeser untuk memberi individu lebih banyak kekuatan yang secara tradisional hanya dimiliki oleh pemerintah besar”); karya Steven Pinker, Better Angels of Our Nature ("Semua kekerasan —bahkan terorisme— sebenarnya menurun seiring waktu. Jika kita memahami bagaimana kita mencapai hal ini, kita dapat melanjutkan jalan menuju perdamaian"); dan Beginning of Infinity karya David Deutsch (“Cara kita menjelaskan hal-hal yang membuka kemungkinan yang lebih besar”). Pesan dari Zuckerberg adalah, duduk dan nikmati perjalanan liar Silicon Valley.

Bill Gates sering mempromosikan kisah kemajuan manusia yang dikendalikan secara teknologi melalui daftar-daftarnya. Namun sejak meninggalkan operasi sehari-hari Microsoft, dia membiarkan matanya membaca dan perasaannya melampaui batas. Everything Happens for a Reason and Other Lies I’ve Loved oleh Kate Bowler adalah “memoar memilukan dan mengejutkan yang lucu tentang iman dan datang untuk mengatasi dengan kematian Anda sendiri,” kata Gates. Mengikuti Bowler dalam daftar musim panasnya adalah Lincoln in the Bardo, novel George Saunders, yang Gates katakan memberinya “wawasan baru tentang jalan Lincoln harus ditindas oleh beban kesedihan dan tanggung jawab." Ada juga biografi "orang hebat" (Da Vinci, Nixon, Teddy Roosevelt) dalam daftar tetapi yang lain sedikit sejarah.

Pengabaian itu mengatakan: untuk menekankan kemajuan yang tak terelakkan, daftar ini meminimalkan suara minoritas rasial dan perempuan. Daftar penulis Andreessen termasuk 25 pria dan lima wanita, dan ada seorang Afrika-Amerika. Gates dan Zuckerberg memiliki persentase yang sama dari wanita dan penulis kulit hitam. Sebuah buku sejarah yang tidak mungkin muncul di daftar Andreessen: Days of Rage karya Bryan Burrough, yang katanya menjelaskan "bagaimana politik rasial tahun 1960-an turun menjadi pengeboman teroris tahun 1970-an, berkat mahasiswa istimewa yang melanggar sangat buruk."

Penjelasan ini melemparkan pikiran kita pada waktu yang berbeda, ketika mahasiswa istimewa yang mengklaim tidak ada ideologi politik sama sekali berencana untuk menggulingkan tatanan yang sudah mapan: nama mereka adalah Andreessen, Gates, dan Zuckerberg.

Noam Cohen, penulis The Know-It-Alls: The Rise of Silicon Valley as a Political Powerhouse and Social Wrecking Ball (New Press).