Permainan Bahasa Ludwig Wittgenstein: Suatu Perkenalan Melalui Kontekstualisasi dan Manfaatnya bagi Studi Pemertahanan Bahasa

Judul: Permainan Bahasa Ludwig Wittgenstein: Suatu Perkenalan Melalui Kontekstualisasi dan Manfaatnya bagi Studi Pemertahanan Bahasa
Penulis: Riko
Penerbit: Bidik-Phronesis Publishing, 2011
Tebal: 91 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini mendeskripsikan salah satu pemikiran Filsuf Filsafat Bahasa yang berasal dari Austria Ludwig Wittgenstein yang tertuang di dalam bukunya yang fenomenal Philosophical Investigations (1953). Pada buku inilah pemikiran Wittgenstein menemukan bentuk yang khas dan mempengaruhi perkembangan pelbagai aliran filsafat dan ilmu pengetahuan. Pemikirannya itu disebutnya sebagai Language-Games (Permainan Bahasa). Bagi Wittgenstein, bahasa itu seperti permainan olah raga yang memunyai aturannya masing-masing. Di dalam aturan-aturan itulah ditemukan suatu bentuk kehidupan (form of life), yakni bahasa berkelindan dengan pola aktivitas dan karakter manusia, dan makna bahasa diproses melalui ekspresi kebersamaan dan kodrat pengguna bahasa. Teori Permainan Bahasa yang diciptakannya itu salah satunya menjadi dasar bagi teori Tindak Tutur John langshaw Austin.

Selain eksplorasi teoritis, buku yang ditulis oleh dosen Filsafat Bahasa di Universitas Nasional, Jakarta, ini juga menerapkan teori dari Wittgenstein tersebut ke dalam penelitian tentang pemertahanan bahasa.

Berdasarkan penelitian dengan menggunakan teori dari Wittgenstein tersebut, penulis buku ini mendapati bahwa paradigma yang digunakan untuk menjelaskan isu pemertahanan bahasa tidak cukup jika hanya disandarkan pada teori strukturalisme Ferdinand de Saussure. Sebab, premis-premis yang dibangun oleh Wittgenstein memberikan pemahaman yang lebih komprehensif ketimbang premis-premis yang dibangun oleh de Saussure ketika harus berhadapan dengan isu pemertahanan bahasa.

Berlangganan via Email