Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Revolusi Integralisme Islam: Merumuskan Paradigma Sains dan Teknologi Islami

Judul: Revolusi Integralisme Islam: Merumuskan Paradigma Sains dan Teknologi Islami
Penulis: Armahedi Mahzar
Penerbit: Mizan, 2004
Tebal: 348 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Sains modern sejak abad ke-17 cenderung berwatak reduksionistis, atomistis, dan parsialis dalam memandang kenyataan. Ia terbukti gagal memahami dan mengendalikan dampak-dampak ikutan dari perkembangan sains dan teknologi. Sebagai respons atasnya, postmodernisme mencoba menawarkan pandangan alternatif: poststrukturalisme dan holisme.

Sebagai paradigma yang lahir dari rahim modernisme, postmodernisme pun tak bisa lepas sepenuhnya dari watak paradigma modern yang cenderung atomistis dan parsialis. Melalui penelusuran yang ekstensif terhadap perkembangan sains dan teknologi modern dan khazanah pemikiran Islam, Armahedi Mahzar mengajukan paradigma baru, yang disebutnya sebagai Integralisme Islam.

Integralisme adalah suatu wawasan kemenyeluruhan dalam memandang segala sesuatu--sains, teknologi, seni, budaya, dan agama. Secara psikologis, Integralisme merupakan sejenis sintesis antara behaviorisme Watson yang materialistik, psikoanalisis Freud yang energetik, kognitivisme Piaget yang informatik, psikologi humanistik Maslow yang valuasional, dan psikologi mistik tradisional yang transpersonal. Secara sosiologis, Integralisme merupakan sebentuk sintesis dari materialisme Marx dan idealisme Hegel. Secara biologis, Integralisme merupakan sejenis sintesis dari neodarwinisme yang informatik dan filsafat vitalisme Bergson yang energetik.

Secara kosmologis, Integralisme merupakan suatu sintesis antara monisme Spinoza dan pluralisme Leibnitz, dengan memasukkan alam akhirat ke dalam skema kosmologis yang utuh dan terpadu. Secara ontologis, Integralisme merupakan suatu sintesis filsafat Barat modern yang mengingkari transendensi dan filsafat Timur tradisional yang mendalami imanensi dalam suatu kesatuan logis, dan bukan sebuah sinkretisme asosiatif, yang mengembalikan transendentalisme teologis ke dalam filsafat Barat modern.

Integralisme menyatukan aspek-aspek psikologis, sosiologis, biologis, kosmologis, dan ontologis itu dengan cara membentuk sebuah kesatuan dengan dua hierarki--horizontal dan vertikal--yang dapat disebut sebagai realitas integral.

Buku ini sangat penting untuk dibaca, bukan saja bagi kalangan pemerhati kajian masa depan, melainkan juga bagi ilmuwan, teknolog, dan siapa saja yang menaruh perhatian terhadap masalah posisi dan peran Islam di tengah pergulatan perkembangan sains-teknologi dan pergulatan wacana kontemporer.

Tentang Penulis:
Armahedi Mahzar dilahirkan di Genteng, Jawa Timur, pada 1943. Lulus Jurusan Fisika dari ITB pada 1972. Pernah belajar geofisika di University of Arizona, Tucson, Amerika Serikat, pada 1974-1975 dan tamat Program S2 Fisika Sekolah Pasca-Sarjana ITB pada 1984. Menjadi staf dosen ITB Jurusan Fisika 1972-1999. Kini, dia mengajar mata kuliah Philosophy of Science di Islamic College for Advanced Studies, Jakarta.

Hingga kini masih mengajar mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam dan pernah menjadi Koordinator Kuliah Pengenalan Sains dan Matematika untuk Mahasiswa TPB Seni Rupa, keduanya di Departemen Seni Rupa ITB. Juga pernah mengajar mata kuliah Seminar Studi Futuristik di Departemen Planologi ITB pada 1995-2002 dan memberi mata kuliah pilihan Filsafat Ilmu di Biro Mata Kuliah Dasar Umum, kini Departemen Sosioteknologi ITB, tahun 1993-2003.

Dia pernah menjadi editor konsultan Majalah Pustaka 1974-1978 dan editor konsultan Penerbit Pustaka Salman ITB sejak 1980. Dia adalah salah seorang anggota staf Lembaga Pengkajian Islam Masjid Salman ITB sejak 1991. Dulu, pernah menerjemahkan buku Islam Militan (Pustaka Salman, 1980). Juga pernah menulis dua buah buku:Integralisme: sebuah Rekonstruksi Filsafat Islam (Pustaka Salman, 1983) dan Islam Masa Depan (Pustaka Salman, Bandung 1993). Di samping itu, dia juga banyak menulis pengantar untuk buku-buku yang diterbitkan di Indonesia, baik karya asli maupun terjemahan.

Berlangganan via Email