Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah

Judul: Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah
Penulis: Sartono Kartodirdjo
Penerbit: Gramedia, 1992
Tebal: 296 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 70.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Suatu penulisan sejarah membutuhkan buku pegangan metodologi sejarah, bila penulis ingin mempertanggungjawabkan karyanya secara ilmiah. Hingga awal tahun 90-an Indonesia belum memiliki buku pegangan metodologi sejarah yang ditulis asli dalam bahasa Indonesia.

Baru kemudian pada tahun 1992, pakar sejarah kita, Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo yang sejak tahun 1950-an memelopori studi sejarah Indonesia dengan pemikiran-pemikiran baru, dan sejak tesisnya pada tahun 1966 memelopori penulisan sejarah Indonesia gaya baru, kembali menunjukkan kepeloporannya dengan menulis buku metodologi sejarah dengan judul Pendekatan llmu Sosial dalam Metodologi Sejarah.

Yang menonjol dalam buku ini ialah pergeseran penekanan dari kaidah historiografi konvensional dengan titik berat bidang politik, menuju ke historiografi gaya baru dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial. Ilmu sejarah tetap merupakan ratu, tetapi kini memperoleh bantuan dari ilmu-ilmu sosial hingga penulisan lebih bernuansa (sosial, ekonomis, antropologis, atau kultural) dan memiliki kedalaman, tidak hanya "datar".

Para peminat sejarah, khususnya mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan jurusan sejarah, para mahasiswa maupun para dosen, perlu memiliki dan mempergunakan buku pegangan ini.

Berlangganan via Email