Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Demokrasi Religius: Pemikiran Politik Nurcholish Madjid dan M. Amien Rais

Judul: Demokrasi Religius: Pemikiran Politik Nurcholish Madjid dan M. Amien Rais
Penulis: Idris Thaha
Penerbit: Teraju, 2005
Tebal: 377 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 70.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini membahas secara komparatif dan kritis pemikiran politik Nurcholish Madjid dan M Amien Rais. Memisahkan beban-beban politik kaum muslim Indonesia dari stigma pendukung negara islam. Ia sekaligus mengangkat beban psikologis umat dari kungkungan pemikiran sempit melalui pembaharuan pemikiran islam.

Buku ini berusaha menggali pemikiran dua tokoh besar Islam di Indonesia, yakni Nurcholish Madjid dan M. Amien Rais, mengenai hubungan antara Islam dan demokrasi di Indonesia. Pembahasan ini tentu tidak terlepas dari tiga variabel penting yang saling berkaitan, yakni Islam, demokrasi, dan Indonesia. Mengenai kaitan antara dua variabel pertamaIslam dan demokrasitelah banyak melahirkan diskursus dan perdebatan di kalangan para ulama dan intelektual Muslim di seluruh dunia. Di antara kelompok Muslim ada yang menerima demokrasi, ada pula yang menolaknya, serta ada yang menerima dengan beberapa catatan. Sedangkan dalam konteks Indonesia, ketiga model hubungan tersebutmenerima, menolak, dan menerima dengan catatanjuga sama-sama hidup dan berkembang. Dalam konteks inilah penulis buku ini merasa curious untuk mengetahui di manakah posisi Nurcholish Madjid dan M. Amien Rais di antara ketiga model tersebut. Bagaimanakah pemikiran dan pandangan kedua tokoh ini mengenai Islam dan demokrasi dalam kaitannya dengan praktik kehidupan politik bangsa Indonesia, tempat mereka hidup dan tinggal. Melalui buku inilah penulis berusaha mengemukakan jawaban-jawabannya.

Penulis membagi buku ini ke dalam enam bab. Bab pertama adalah pembukaan yang berisi pengantar menuju wacana. Bab kedua membahas tentang demokrasi dan sistem Syura dalam Islam. Selanjutnya, dalam bab ketiga penulis menyajikan pembahasan mengenai biografi pemikiran dan aksi politik kedua tokoh. Bab keempat membahas praktik demokrasi di Indonesia, serta pandangan kedua tokoh terhadapnya. Pada bab kelima penulis menjelaskan pemikiran politik kedua tokoh mengenai Islam dan demokrasi. Bab terakhir adalah kesimpulan. Dalam bab ini penulis menyajikan pemikiran kedua tokoh mengenai apa yang disebutnya sebagai demokrasi religius ala Nurcholish Madjid dan M. Amien Rais yang patut diterapkan dalam kehidupan politik-pemerintahan bangsa Indonesia.

Berlangganan via Email