Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Gamelan Langit: Dialog Komunikasi Transendental KiaiKanjeng

Judul: Gamelan Langit: Dialog Komunikasi Transendental KiaiKanjeng
Penulis: Erik Setiawan
Penerbit: Prudent Media, 2013
Tebal: 201 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Harga: Rp. 80.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312



KiaiKanjeng bukanlah kelompok musik sebagaimana biasanya kelompok musik. Demikian karena jenis kegiatan Kiai Kanjeng bukanlah musik atau kesenian, melainkan proses dan komunikasi sosial yang komprehensif. Musik bagi KiaiKanjeng ditempatkan sebagai fasilitas estetika dalam kebudayaan masyarakat untuk mempermudah komunikasi, memperindah pergaulan, proses kemandirian hidup, keadilan pergaulan, kedasyatan, keakraban, kedamaian, kkemesraan, kenikmatan ketuhanan, memperdalam cinta dan mempercepat keharuan ke-Ilahian.

KiaiKanjeng berkeliling Indonesia bahkan dunia untuk menghidupkan kembali kekayaan yang sudah dikuburkan sejarah. Memunggut kembali yang dicampakkan orang, meninggikan yang direndahkan orang, mengingat yang dilupakan orang, serta mengangkat harga diri kebudayaan sehingga membuat masyarakatnya bangga dan percaya diri atas budayanya sendiri.

KiaiKanjeng menawarkan pilihan kepada masyarakat untuk belajar memilih kehidupan yang lebih baik, sebuah kehidupan yang tidak membuat Tuhan marah, membuat karya lagu atau musik yang menyehatkan rohani, mengambil bacaan dan tontonan yang tidak membuat Allah jauh.

Bagi kami audiens bukan sebagai target untuk melihat kami atau tidak, mereka adalah bagian dari apa yang kita rasakan, kita meletakkan bukan sebagai tontonan, Cak Nun sendiri bukan tontonan, semuanya sama, tidak ada yang ditonton dan dipertontonkan. Kami hanya mengiringi, bintangnya yah penonton sendiri tugas vokalis hanya menjembatani, ini adalah media komunikasi, bukan media tontonan. Target kami bukan hanya sekedar tontonan dan kegembiraan, tapi ada kegembiraan, kekhusyukan, dan mejelis ilmu di sana. Jadi musik bagi kami hanya sebagai sarana untuk menghantarkan .

Begitulah Kiaikanjeng memahami (pertunjukkan) music tidak sekedar tontonan, namun sebagai sarana untuk bersama-sama mencari ridha Allah dan Rasululah dalam menciptakan kemesaraan dan cinta sesama manusia melalui pemaknaan dalam kesenian (musik) (diambil dari sampul belakang buku  Gamelan Langit  karya Erik Setiawan)

Erik Setiawan, S.Sos., M.I.Kom., lahir di Bandung, 4 September 1982. Kini menjadi Doses tetap di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung. Pada tahun 2011 menyelesaikan Magister Ilmu Komunikasi di Program Studi Komunikasi Bisnis Universitas Padjadjaran, Bandung. Meraih gelar sarjana pada tahun 2005 di Fakultas Ilmu Komunikasi, bidangkajian Public Relations, Universitas Islam Bandung. Penulis pernah nyantri di Pondok Modern Darussalam Gontor, selama 6 tahun. Pernah bekerja di PT. Media Nusantara Citra (MNC), Jakarta. Kemudian kembali ke Bandung untuk merintis Yayasan Baitul Hidayah Nurul Khalisah yang bergerak di bidang pendidikan dan social. Selain menjadi dosen, penulis adalah pengurus di Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Panyandaan, Bandung. Buku ini adalah karya pertama penulis.