Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Al-Quran Kitab Pluralis

Judul: Al-Quran Kitab Pluralis
Penulis: Jamal Al-Banna
Penerbit: Barokah Press, 2010
Tebal: 117 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 25.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Di sinilah keunikan Gamal Al Banna. Dia setuju dengan konsep pembaruan yang diusung para sarjana Barat. Tapi pencerahan ini tidak dicaplok dari Barat. Dia menemukan spirit pencerahan dari jantung ajaran Islam; Alquran dan Hadits. Oleh karenanya, Gamal al-Banna selalu menyerukan pentingnya kembali ke Alquran. Hingga seruan ini dijadikan judul salah satu bukunya, Al-'Udah il al-quran (kembali ke Alquran).

Namun yang harus dipahami lebih lanjut adalah pemahamannya terhadap Alquran dan Hadits. Pemahaman Gamal tentang Alquran dan Hadits tak seperti pemahaman para tokoh Islam yang mengalirkan gagasannya dari gunung Timur yang memahami Islam secara letter lijk dan simbolik. Kemudian menolak pendekatan rasional terhadap Islam.

Menurut Gamal, Alquran sangat apresiatif terhadap akal. Betapa banyak ayat yang menyampaikan pentingnya penggunaan akal. Hingga tidak sedikit ayat yang dimulai dari redaksi rasional seperti alam tara (apakah kamu tidak melihat), alam talam (apakah kamu tidak mengetahui) dan dikahiri dengan redaksi yang sama (rasional), seperti afala tatafakkarn (apakah kalian tidak berpikir), afala taqiln (apakah kalian tidak menggunakan akal) dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, dalam merumuskan dasar hukum fikih baru, Gamal menempatkan akal pada level paling atas. Karena Alquran sangat apresiasi terhadap akal. Hal ini kemudian disalah pahami oleh sedertan pemikir Islam konservatif.

Berlangganan via Email