Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Valentine Day, Natal, Happy New Year, April Mop, Hallowen: So What?

Judul: Valentine Day, Natal, Happy New Year, April Mop, Hallowen: So What?
Penulis: Rizki Ridyasmara
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar, 2005
Tebal: 85 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 80.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Rizki mengawali bukunya dengan kata pengantar yang disertai dengan kisah dari buku harian seorang gadis malang Bosnia-Herzegovina, Zlata Filipovic yang keluarganya menjadi korban genosid Muslim Bosnia oleh kaum Kristen Serbia. Di sini dipaparkan, salah satu sebab tragedi menyedihkan yang dialami oleh kaum Muslim Bosnia yaitu sebagai akibat dari rasa toleransi berlebihan dan tanpa reserve kaum Muslim Bosnia terhadap Kristen Serbia dengan ikut-ikutan latah merayakan Natal dan Tahun Baru, ditambah kebanyakan dari mereka tidak lagi berpegang teguh terhadap ajaran-ajaran Islam itu sendiri. Islam bagi mereka hanyalah identitas. Mereka adalah orang eropa, setelah itu mereka muslim. sementara kaum Kristen Serbia diam-diam telah merancang skenario besar untuk menghabisi Muslim Bosnia melalui tangan pemimpin Yugoslavia yang Kristen, Slobodan Milosevic, tanpa disadari oleh kaum Muslim Bosnia. Kutipan kisah yang menjadi sebuah ‘teguran’ bagi kaum Muslim di belahan bumi lain, termasuk Indonesia.

Buku yang tipis dan terdiri dari 6 bab ini diuraikan oleh rizki secara rinci dan sistematis tentang tradisi-tradisi barat (valentine, natal, new year, april mop dan hallowen) yang saat ini telah menjadi ikon suatu kemajuan peradaban budaya modern. bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa akan ketinggalan jaman kalo kita tidak mengikuti tradisi ini.

Buku ini menguraikan secara gamblang tentang sejarah dibalik perayaan valentine, dan beberapa negara yg telah melarang serta menentang perayaan tersebut. Karena ternyata valentine merupakan perayaan gereja dg nama saint valentine’s day yang dibuat oleh Paus Gelasius I untuk memperingati kematian Santo Valentinus yang kebetulan meninggal tanggal 14 februari 269 M.

Rizki (penulis) menggambarkan bagaimana seorang tertawa terbahak-bahak karena merasa puas melihat temannya dijahili saat april mop. Tanpa disadari ternyata April Mop atau The April’s Fool Day merupakan episode sejarah pembantaian umat muslim di granada Spanyol oleh tentara salib pada tahun 1487 atau 892 H.  Atau tahukah kita Halloween sebenarnya merupakan ritual okultis bangsa pagan Celtic yang memuja setan.

Banyak tradisi dan kebudayaan barat pada saat ini sudah terlanjur karib dan tertanam kuat, mewarnai kehidupan di negeri-negeri timur. Budaya ini diterima secara mentah-mentah (taken for granted) dan dipraktekkan serta dimeriahkan dengan rasa bangga melebihi kebanggan terhadap budaya timur.

Berlangganan via Email