Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Saqifah: Awal Perselisihan Umat

Judul: Saqifah: Awal Perselisihan Umat
Penulis: O. Hashem
Penerbit: Almuntazhar, 1994
Tebal: 287 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Pembaiatan Abû Bakar sebagai khalîfah pertama di Saqîfah Banî Sâ’idah adalah peristiwa yang berekor panjang. Abû Bakar dan Umar sendiri kemudian mengakuinya sebagai tindakan keliru yang dilakukan secara tergesa-gesa, faltah.

Peristiwa ini telah menimbulkan perpecahan pertama dan terbesar yang kelanjutannya terasa sampai di zaman ini. Naskah-naskah sejarah tradisional, târikh an-naqlî, yang tertera dalam buku-buku sejarah lama, yang beredar dan tersebar luas, telah memungkinkan para ahli membuat rekonstruksi peristiwa besar itu.

Penulis membuat rekonstruksi peristiwa Saqîfah berdasarkan pidato Umar bin Khaththâb dalam khotbah Jum’atnya yang terakhir. Khotbah ini didengar banyak orang dan dicatat oleh hampir seluruh penulis sejarah lama dengan isnâd yang lengkap dan melalui banyak jalur, sehingga pidato Umar ini diterima oleh semua ahli sebagai sumber yang patut dipercaya.

Dengan membaca buku ini, pembaca akan mengetahui sejarah peristiwa pertemuan para sahabat di Saqifah ketika Nabi Muhammad saw wafat. Juga akan memahami asal-usul pecahnya persaudaraan dalam Islam.

Berlangganan via Email