Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tahun Goodreads sebagai Media Sosial Buku

Sepuluh tahun setelah Goodreads didirikan oleh Otis Chandler dan istrinya, Elizabeth Khuri Chandler, dan empat tahun setelah diakuisisi oleh Amazon, media sosial baca, pemasaran, dan penelusuran buku online telah berkembang menjadi salah satu komunitas buku dan membaca yang paling berpengaruh di internet. Dan terlepas dari kekhawatiran beberapa anggota Goodreads tentang akuisisi Amazon saat diumumkan (dan beberapa ancaman untuk meninggalkan komunitas online), Goodreads telah berkembang pesat.

Situs ini menarik lebih banyak pengunjung daripada sebelumnya. Goodreads memiliki sekitar 16 juta pengguna terdaftar pada tahun 2013 dan akan menandai ulang tahun ke 10 dengan lebih dari 65 juta anggota.

Anggota Goodreads dapat membuat rak buku online, daftar buku yang mereka baca atau rencanakan untuk dibaca. Situs ini juga menawarkan ulasan dan komentar anggota terhadap buku, survei, jajak pendapat, dan kegiatan membaca, seperti Challenge Reading 2017, di mana anggota berjanji untuk membaca sejumlah buku di tahun yang akan datang. Dan Goodreads dapat membantu pembaca yang tertarik dengan karya sejarah menemukan buku dalam kategori tertentu -misalnya, sejarah militer atau zaman Elizabeth, atau bahkan fiksi sejarah.

“Ini gila,” kata Elizabeth, merenungkan perkembangan situs ini. “Kami mulai hanya dengan kami berdua, dan sekarang ini adalah komunitas membaca terbesar di dunia. Kami adalah komunitas orang yang bisa saling berbicara tentang buku-buku yang kami cintai.”

Otis mengatakan bahwa Goodreads sukses karena mampu “menghubungkan” sejumlah besar orang yang tertarik untuk berbicara tentang buku. “Ada dua kebenaran dalam penerbitan hari ini,” katanya. “Pertama, pencarian buku adalah salah satu tantangan terbesar bagi penerbit dan penulis, dan kedua, dari mulut ke mulut adalah salah satu penggerak rekomendasi buku yang paling kuat. Goodreads duduk di tempat yang manis di mana kedua peluang ini saling tumpang tindih. “Sebagai contoh persimpangan itu, dia menunjuk pada Reading Challenge, yang memacu lebih dari 2,6 juta anggota Goodread untuk masuk dengan rencana untuk membaca lebih dari 30 juta buku.

Situs ini juga menghasilkan kumpulan data tentang pembaca dan kebiasaan membaca mereka dan telah berkembang menjadi alat pemasaran bagi penerbit dan penulis individual. “Semakin banyak data mendorong semakin banyak percakapan dan membantu algoritma (rekomendasi buku) kami menjadi lebih baik,” kata Otis. Ukuran keanggotaan Goodreads dan data yang dihasilkannya menarik penerbit (dan penulis indie) untuk memasarkan buku mereka.

“Random House adalah mitra iklan penerbit pertama kami di tahun 2007,” kata Otis. “Sekarang kami memiliki seperangkat alat pemasaran yang canggih -hadiah, penawaran, potongan harga.”

Goodreads, ia menambahkan, dapat menggunakan datanya untuk menawarkan kepada para penerbit kemampuan untuk menargetkan penggemar dari berbagai penulis dengan iklan bergambar. Penggemar ini adalah anggota Goodreads yang menyimpan buku-buku berdasarkan para penulis ini atau menunjukkan ketertarikan pada mereka. Tim iklan Goodreads bekerja dengan setiap penerbit untuk membuat daftar penulis yang karyanya mirip dengan buku, itu dipromosikan untuk menargetkan iklan. Misalnya, penggemar novelis fiksi ilmiah Veronica Rossi atau Neal Shusterman, Otis menjelaskan, dapat dengan mudah ditargetkan dengan iklan bergambar untuk sebuah buku baru sebuah penerbit percaya mereka bisa nikmati. Dalam layanan terpisah, Goodreads secara khusus dapat menargetkan anggota berdasarkan selera bacanya.

Alat pemasaran lainnya di situs ini termasuk Goodreads Deals, sebuah program promosi harian yang menawari anggota diskon e-book berdasarkan buku-buku di rak, dan buletin mereka, yang memiliki lebih dari 35 juta pelanggan. Dan, sebagai anak perusahaan Amazon, Goodreads juga memungkinkan penerbit dan penulis membagikan hadiah e-book di platform Kindle.

Goodread menyediakan studi kasus yang merinci bagaimana komunitasnya dan alat pemasaran digabungkan untuk mendorong penjualan banyak buku populer. Kate Stark, seorang wakil manajer pemasaran Riverhead Books, mengatakan bahwa situs tersebut “memainkan peran utama dalam membantu The Girl on the Train untuk mencapai kesuksesan awal.” Dia mengutip pentingnya “ulasan awal dari anggota Goodreads,” dengan mengatakan bahwa “sekali dunia mulut dimulai dan pembaca merasa senang dengan buku itu, sisi sosial Goodreads memperkuat dengungan sampai ke tingkat yang luar biasa.”

Rekan penerbit St. Martin Press, Laura Clark, menggambarkan All The Ugly and Wonderful Things karya Bren Greenwood sebagai “kisah sukses komunitas Goodreads yang sebenarnya.” Dia berkata, “Tawaran Goodreads Choice Awards (diskon untuk buku yang memenangkan penghargaan) untuk All The Ugly and Wonderful Things meluncurkan buku itu ke daftar buku terlaris untuk pertama kalinya, empat bulan setelah publikasi.”

Sejak awal, Chandler melihat bahwa penulis menggunakan Goodreads untuk berhubungan dengan penggemar mereka. Saat ini, situs ini memiliki lebih dari 214.000 akun penulis -termasuk penulis populer seperti Paulo Coehlo, Neil Gaiman, Roxane Gay, dan Stephen King. Fitur Ask the Author pada situs ini memungkinkan penggemar untuk bertanya kepada penulis favorit mereka. Otis menunjuk novelis Andy Weir (The Martian), yang menjawab pertanyaan tentang astronot kesukaannya, dan penulis komik Alan Moore, yang membahas tentang budaya tanding.

“Sangat menyenangkan jika melihat dampak Goodreads terhadap kehidupan orang lain,” kata Elizabeth.

Calvin Reid
Publishers Weekly 09/25/2017