Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Pengantar Menuju Logika

Judul: Pengantar Menuju Logika
Penulis: Murtadha Muthahhari
Penerbit: YAPI, 1994
Tebal: 161 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Order: WA 085225918312

Predikat interen yang memisahkan manusia dari lainnya (cair, padat, maupun gas) adalah ‘ke-berkembangan’-nya. Diferentia yang memisahkan manusia dari tumbuh-tumbuhan (yang bercabang maupun yang tidak) adalah ‘ke-berkeinginan-nya’. Sedangkan yang memisahkan manusia dari hewan adalah ‘ke-berakalan-nya’.

Agar dapat menjalankan tugasnya sebagai spesies yang merupakan gabungan dari genus dan diferentia (hewan natiq) secara benar, tak pelak lagi kita perlu mempelajari dan menguasai cara memakai akal.

Logika atau Mantiq, sejak Aristoteles, telah disepakati sebagai alat pembeda antara benar dan salah, antara benar dan yang mirip benar dan antara salah dan yang mirip salah.

Problema sebagian besar umat manusia sejak dulu hingga kini bersumber dari kesalahan berfikir menyimpulkan, mengambil keputusan dan berbicara, sebagai konsekuensinya. Logika dirancang untuk melenyapkan sumber problema global tersebut.

Murtadha muthahhari, salah seorang murid Khomeini dan Thabataba’i: ulama intelektual yang telah menjadi trend pemikiran Muslim modern di seluruh dunia, kini, untuk kesekian kalinya, menggebrak dan membuat kita berdecak kagum dengan sebuah karyanya yang monumental “Pengantar Menuju Logika”.

Untuk sekedar informasi, buku ini lain dari biasanya karena diterjemahkan langsung dari bahasa ibu penulisnya yaitu Persia.
Pesan Sekarang