Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Imamah dan Khilafah (Murtadha Muthahhari)

Judul: Imamah dan Khilafah
Penulis: Murtadha Muthahhari
Penerbit: Firdaus, 1991
Tebal: 249 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Buku ini bermaksud menjelaskan bagaimana manusia dalam kehidupan sosialnya tidak mungkin terlepas dalam sebuah tuntutan adanya sistem pembimbingan (guru) dan memandu (kepemimpinan) secara bertahap dalam perjalanan kehidupan menuju tujuan dan cita-citanya. Masyarakat adalah entitas yang di dalamnya menhadirkan aktivitas kepemimpinan dan bimbingan dalam kehidupan seorang individu. Tampaknya, buku ini melanjutkan analisis Murtadha Murthahhari dibuku lainnya, buku Masyarakat dan Sejarah. Buku Imamah dan Khilafah ini semakin mempertegas secara rinci dan mendalam tentang hubungan entitas individu dan masyarakat dalam memunculkan kebutuhan serta menghadirkan sistem sosial  yang berbasis pada fungsi pembimbingan dan kepemimpinan dalam pola yang sistematis.

Dalam sejarah Islam, wacana kepemimpinan dan khilafah menjadi isu yang cukup kontroversial menyangkut keabsahan agama konsep kepemimpinan Ilahi pascakenabian. Buku ini menegaskan bahwa kenabian terakhir adalah Muhammad Saw sebagai penutup para Nabi. Namun tugas dan fungsi pembimbingan tidak mungkin berakhir dalam kehidupan manusia. Persoalannya bukan lagi seorang Nabi, melainkan kebutuhan melanjutkan tradisi kenabian karena kesadaran, tidak mungkin masyarakat (Ummah) kehilangan fungsi kepemimpinan (Imamah).

Perspektif agama (Alquran dan Hadis) disampaikan dengan gaya dan analisis yang khas Muthahhari: mangalir dan filosofis dengan tidak kehilangan autentisitas ilmiah teks dan konteks, menguraikan kepemimpinan sebagai dalil kebutuhan manusia secara alamiah, menarik mengikuti bagaimana yang ilmiah tekstual bertemu dengan kebutuhan alami manusia dalam disposesi intelektual dan spiritual. Sebuah Imamah yang berbasis pada filsafat manusia. Debatnya bersimpul pada prinsip manusia yang rasional dan mandiri dalam upaya menyimpulkan pilihan hidupnya.

Berlangganan via Email