Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Mengorganisir Rakyat

Judul: Mengorganisir Rakyat: Refleksi Pengalaman Pengorganisasian Rakyat di Asia Tenggara
Penulis: Jo Hann Tan & Roem Topatimasang
Penerbit: Insist Press, 2004
Tebal: 145 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 80.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Proses pengorganisasian rakyat harus memperhitungkan semua hubungan ketidakadilan dan penindasan yang didalamnya rakyat dengan senyatanya memerankan diri dan mengalami berbagai keadaan apa-adanya, ibarat suatu gambar hidup yang tertayangkan di layar lebar. Tugas seorang pengorganisir rakyat adalah memfasilitasi seluruh proses penuh pertentangan tersebut agar dapat ditonton secara jelas dan lengkap oleh rakyat yang, atas dasar penyaksian mereka sendiri, mampu melakukan tindakan-tindakan bersama untuk menghadapinya sesuai dengan keadaan mereka yang khas.

Selama lebih dari 20 tahun, Jo Hann Tan dan Roem Topatimasang telah melakukan pengorganisasian rakyat di Malaysia, Indonesia, dan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Kini Mereka berdua untuk pertama kalinya menuliskan pengalaman dan refleksi mereka dalam buku ini. Ini memang bukan buku yang bercerita tentang kisah kepahlawanan yang penuh kemashuran dari penulisnya. Justru buku ini hendak membongkar mitos kepahlawanan itu sendiri dengan mengatakan bahwa seorang pengorganisir rakyat baru dianggap berhasil jika sang pahlawannya adalah rakyat itu sendiri, bukannya sang pengorganisir.

Mengorganisir bukanlah kerja cari makan, maka masih inginkah Anda menjadi seorang pengorganisir rakyat?

Hal terjelek yang banyak terjadi selama ini adalah para pengorganisir atau organisasinya yang malah menjadi 'bintang' atau 'pahlawan' rakyat.

Satu kunci keberhasilan proses pengorganisasian adalah memfasilitasi mereka sampai akhirnya mereka dapat memiliki suatu pandangan dan pemahaman bersama mengenai keadaan dan masalah yang mereka hadapi.