Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pendidikan Masyarakat Kota

Judul: Pendidikan Masyarakat Kota
Penulis: Paulo Freire
Penerbit: LKiS, 2008
Tebal: 174 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 55.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


"Dialog-dialog dalam buku ini dibakar api penyelenggara sekolah-sekolah negeri yang nyata di Sao Paolo. Dia membekali kita semua dalam menjadikan aktivitas bersekolah yang sejati sebagai hak azasi setiap anak."

Paling tidak ada tigal hal utama mengapa Paulo Freire begitu menarik perhatian masyarakat dunia secara luas. Pertama, pemikiran dan metode pendidikannya yang otentik dan radikal. Kedua, apa yang dikonsepkan dilakoninya dalam praktik nyata pendidikan secara konsisten. Ketiga, pengaruh gerakannya begitu luar biasa menggema hampir ke seluruh pelosok penjuru dunia. Oleh karena itu, bagi kaum konservatif-liberal, Freire dengan pendidikan penyadarannya dianggap sebagai musuh berbahaya yang selalu mengancam.

Prinsip dasar pendidikan Freire adalah “belajar dari pengalaman”. Daur belajar ini berpola dari realitas nyata ke arena pembelajaran, lalu kembali ke realitas nyata dengan praksis baru. Tahapan-tahapan ini oleh Freire disebut kodifikasi (codification), dekodifikasi (decodification), praksis (praxis). Kodifikasi adalah penelaahan beberapa aspek penting yang terjadi di realitas nyata peserta didik. Fakta-fakta objektif itu lalu dibawa ke arena pembelajaran untuk dianalisis, dihadapkan pada teks normatif. Dekodifikasi merupakan proses deskripsi dan interpretasi. Praksis adalah tahap pengejawantahan ke realitas kongkret. Dialektika dari ketiga tahapan ini diharapkan peserta didik sekeluarnya dari arena pembelajaran mempunyai praksis bari di masyarakat.

Berlangganan via Email