Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Kretek Pusaka Nusantara

Judul: Kretek Pusaka Nusantara
Penulis: Thomas Sunaryo
Penerbit: Serikat Kerakyatan Indonesia, 2013
Tebal: 177 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 40.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Menurut legenda Jawa rokok diproduksi masal dimulai dari kisah Roro Mendut pada abad ke-17 yang menjadi cara pemasaran klasik rokok melalui penggambaran erotisme Roro Mendut ketika berjualan rokok lintingannya, dengan lem dari jilatan lidahnya.

Dalam perkembangan rokok di Indonesia,rokok kretekmerupakan rokok khas produk asli Indonesiayang unik, dan diakui dunia, yaitu rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Rokok kretek dan bagaimana cara menikmatinya, bisa menggambarkan perkembangan peradaban masyarakat kita. Industri rokok kretek sendiri merupakan industri yang padat modal, padat karya, dan memiliki andil besar dalam penerimaan
cukai negara.Di Indonesia masyarakatnya cenderung menyukai rokok kretek sehingga secara kemandirian Indonesia tidak perlu mengimpor rokok dari negara lain.Hal initidak mengherankan karena Indonesia adalah penghasil tembakau terbesar dan kualitasnya yang bagus membuat banyak pertumbuhan pabrik-pabrik rokok yang kadang kala menimbulkan pro dan kontra di sana-sini. Banyak yang dilibatkan dalam bisnis tembakau dan rokok ini.

Fenomena rokok memang tiada henti,mulai dari orang kaya sampai yang melaratpun banyak mencandunya. Ada umpatan-umpatan buruk dan sumpah serapah yang sering di alamatkan kepada rokok mulai dari penyebab penyakit pernafasan, penyebab “kantong kering”, penyebab kenakalan remaja dan awal mula pembelajaran menjajal narkoba, namun ada pula yang memujinya seperti teman sejati, teman setia di kala sepi, teman yang bisa diajak berpacu untuk berfikir.

Tidak berhenti disitu saja, status halal dan makruh banyak didengungkan oleh banyak kalangan. Mulai dari yang meributkan haram karena banyak merugikan kesehatan manusia sampai dengan yang menghalalkan karena di industri rokok dan tembakau banyak manusia bergantung penghasilannya dari industri tersebut. Pemerintah juga memegang buah bara akan bisnis ini, di satu sisi penghasilan cukai yang sangat besar dirasa sayang kalau rokok dilarang industrinya, di satu sisi yang lain banyak masyarakat yang protes akan kemanfaatan rokok. Maka sepertinya mereka bingung menetapkan kebijakan apalagi ditambah dengan campur tangan asing atas nama organisasi perdagangan dunia.

Gambaran mengenai rokok dia atas menjadi momentum bagi Center for Law and Order Studies, untuk melakukan penelitian mengenai rokok kretek yang telah menjadi bagian dari kehidupan dan penghidupan petani tembakau, perdagangangan tembakau dan rokok kretek, kebiasaan merokok (konsumen), dan penggunaan kretek dalam tradisi, dan kegiatan-kegiatan lain dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya merumuskan kebijakan regulasi tentang rokok.

Berlangganan via Email