Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Gus Dur dan Sepakbola: Kumpulan Kolom Gus Dur Tentang Sepakbola

Judul: Gus Dur dan Sepakbola: Kumpulan Kolom Gus Dur Tentang Sepakbola
Penulis: Gus Dur
Penerbit: Imtiyaz, 2014
Tebal: 183 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 
 
Buku ini merupakan berbagai kumpulan artikel KH. Abdurrahman Wahid tentang sepakbola, yang ditulis sejak tahun 1982, saat Piala Dunia di Spanyol, hingga tahun 2000, ketika Ia menjadi Presiden.

Bagi Gus Dur, sepakbola bukan hanya permainan dan olahraga semata. Lebih dari itu, sepakbola Ia jadikan salah satu tolok ukur melihat dinamika politik internasional. Apa relevansi antara Piala Dunia dengan landreform? Mengapa Negara-negara Amerika Latin jarang memiliki kipper handal? Mengapa Gus Dur menganggap dominasi Eropa Barat di kancah sepakbola internasional runtuh sejak Piala Dunia 1994? Bagaimana prediksi Gus Dur mengenai kekuatan alternative sepakbola dari kawasan Balkan? Bagaimana pula Presiden Gus Dur memakai strategi ala sepakbola dalam menyusun kabinetnya? Buku ini menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Gus Dur bukan hanya hafal jatidiri pemain berikut nomor punggungnya, melainkan ia juga memahami spesialisasi taktik seorang pelatih, hingga factor internal dan eksternal sebuah kesebelasan. Untuk itulah, sebagaimana apa yang tertera dalam buku ini, Gus Dur meramu analisisnya yang kompleks dengan detail amatan terhadap sebuah pertandingan berikut hal lain yang terkaitdengan sebuah tim dengan cara yang khas. Selamat membaca.