Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Gagasan Personalitas dalam Sufisme

Judul: Gagasan Personalitas dalam Sufisme
Penulis: Reynold A. Nicholson
Penerbit: Pustaka Sufi, 2002
Tebal: 130 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 30.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


"Tuhan yang Agung telah memberikan wahyu pada hamba-Nya, secara rahasia, melalui pancaran cahaya keilahian, dan kemudian menciptakan makhluk yang bisa tampak dan dalam bentuk yang sempurna yang bisa makan dan minum."

Dari selaksa bait syair Al-Hallaj ini, kita dapat memperhatikan ada dua sifat dalam diri Tuhan-sifat Tuhan (lahut) dan sifat manusia (nasut). Lebih jauh, Al-Hallaj menggambarkan kesatuan lahut dan nasut itu sepadan dengan terma hulul, artinya penyatuan dengan Tuhan. Sampai di situ, Al-Hallaj melanjutkan...,

"Aku adalah Cintaku; Cintaku adalah Aku; Dua jiwa bertempat di tubuh ini. Jika kau memandangku, sesungguhnya Dia yang kau pandang; Dan jika kau memandang-Nya, niscaya di sana engkau akan mendapatkan diriku!"

Buku ini merupakan kodifikasi tiga materi kuliah tentang sufisme yang disampaikan penulis di Universitas Cambridge, dan berupaya menelusuri secara kritis dan obyektif asal-usul sejarah dan kakekat konsep personalitas dalam dunia Sufi (mistisisme Islam), atau yang sering disebut sebagai 'personalitas ketuhanan'. Benarkah ayat-ayat Al-Quran terkesan bertentangan satu sama lain dalam menjustifikasi konsep ini? Benarkah konsep yang pertama kali 'mengejawantah' dalam sosok Al-Hallaj itu sebenarnya mengadopsi dari ajaran non-Islam (terutama Kristen-Syiria)? Mengapa konsep ini ditentang keras oleh kalangan ulama dan Sufi Ortodoks? Mengapa generasi Sufi pasca Al-Hallaj justru makin banyak yang mengikuti jejak murid Sahl at-Tustari itu? Pun sederet pertanyaan lain lagi masih tersisa berkaitan dengan konsep ini. Dan membaca buku kecil, namun berbobot, ini adalah sebuah kemestian untuk memperoleh jawaban-jawabannya yang jernih.

Berlangganan via Email